Digelar PWI Jaya Didukung Indopos.co.id, 32 Jurnalis Lulus UKW

pwiip

Para peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 57-58 dan penguji foto bersama di Kapal Pengawas KKP Orca 04 di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara. Foto : Yoga/indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 57 dan 58 pada Rabu (28/9/2022) dan Kamis (29/9/2022).

Kegiatan digelar di Sekretariat PWI Jaya Lantai 9, Gedung Bank DKI Jakarta. Sebanyak 32 peserta dari berbagai media mengikuti UKW yang juga didukung PT Indonesia Digital Pos, perusahaan yang menaungi indopos.co.id dan indoposco.id.

Rincian peserta yang mengambil UKW di antaranya 24 jurnalis untuk level uji Wartawan Muda, 5 Wartawan Madya dan 3 Wartawan Utama.

Dengan dedikasi dan keuletan para peserta sepanjang ujian, akhirnya penguji menyatakan seluruh peserta lulus UKW.

UKW ini digelar untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para jurnalisnya, sehingga tetap bisa menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas, independen, dan berstandar kode etik jurnalistik.

Pasca mengikuti ujian, para peserta dan menguji menuju Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara. Mereka lantas menaiki Kapal Orca 3 dan Orca 4 milik Direktorat Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Para peserta juga diajak mengikuti Lomba Jurnalistik dengan tema “Kelautan dan Perikanan”.

Menurut Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, UKW adalah cara yang dilakukan Dewan Pers untuk mengetahui dan memastikan standar kompetensi wartawan dalam melakukan tugas-tugas jurnalistik.

“Metode dan materi uji di UKW diputuskan oleh Dewan Pers lalu dilaksanakan oleh PWI sebagai penguji. Dalam UKW kali ini semua peserta lulus,” katanya.

Dikatakan Sayid, PWI sangat berharap para wartawan yang belum melaksanakan UKW untuk segera mengikuti UKW. “Ini penting karena merupakan kebutuhan dari para jurnalis,” katanya.

Sejauh ini sudah ada sekitar 16.000 wartawan di seluruh Indonesia yang yang sudah melaksanakan uji kompetensi.

“Makanya saya sangat senang dengan Indopos.co.id yang secara aktif mendukung acara UKW ini, semoga semangat dari teman-teman Indopos.co.id menular ke teman-teman media lainnya,” pungkas Sayid.

Kepala Pangkalan PSDKP Jakarta Sumono Darwinto mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan UKW yang digelar selama dua hari belakangan.

“Kami bersahabat dengan wartawan dan tidak antikritik. Karenanya, kita dukung wartawan dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi melalui UKW,” ujarnya.

Direktur Utama PT Indonesia Digital Pos Syarif Hidayatullah mengatakan, kompetensi dan kualitas jurnalis menjadi konsen utama perusahaan yang dia pimpin. Sebab, wartawan merupakan ujung tombak perusahaan dalam menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas dan dibutuhkan oleh para pembaca.

“Di zaman serba digital ini, informasi hoax banyak sekali beredar yang yang terkadang justru dihasilkan oleh perusahaan media sendiri. Kami sangat menghindari informasi sesat dan hoax makanya kami memastikan wartawan-wartawan Indopos.co.id adalah benar-benar profesional dan kompeten di bidangnya. Salah satunya dengan mengikutkan UKW,” tegasnya.

Dalam kegiatan ini juga mendapat sponsor dari antara lain Pertamina, BNI, Dit PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Mandiri, Metranet, PT DS Solution, digitalbisa.id (Telkom), PGN, Pertamina, Alfamart, Krakatau Posco, JNE, PALYJA, CIMB Niaga, PT. Pelni, Frisian Flag, Mc Donald, Loreal, Le Minerale, Harita Nickel, PT Artugo, Sido Muncul, Indomaret, Hangry, United Tractor, vsoy, dann PAM Jaya. (*)

Exit mobile version