Kemenkes: Tanda-tanda Hilangnya Pandemi Covid-19 Mulai Terlihat

Ilustrasi-bumi-pakai-masker

Ilustrasi pandemi Covid-19 melanda dunia. Foro: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia mulai terkendali. Karenanya saat ini sedang bersiap menuju endemi. Meskipun demikian kewaspadaan terhadap adanya kemungkinan mutasi virus tetap dilakukan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, akhir pandemi sudah ada di depan mata. Hal itu disampaikan berdasarkan data kasus Covid-19 di dunia menurun secara drastis sejak 2020.

“Sesuai pengumuman Dirjen WHO, kita saat ini seluruh dunia telah menghadapi masa menggembirakan, karena tanda-tanda hilangnya pandemi Covid-19 mulai terlihat, termasuk di Indonesia,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril dalam keterangan virtual di Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Situasi tersebut berdasar penilaian berbagai parameter, dari angka kasus hingga penggunaan tempat tidur perawatan Covid-19. Parameter pertama terlihat penurunan kasus konfirmasi mingguan sejak Agustus minggu ketiga.

Saat ini rata rata angka kasus harian Covid-19 berkisar di angka 2 ribu kasus. Dibarengi penurunan positivity rate mingguan menjadi 6.38 persen dalam minggu terakhir. Juga kasus kematian menurun menjadi 123 per minggu, atau rata-rata di bawah 20 per hari.

Ilustrasi virus Covid-19. Foto: Freepik

Termasuk angka perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit, Bed Occupancy Rate (BOR) terus mengalami penurunan dari angka 5 persen pada 10 September menjadi 4.83 persen saat ini. Bahkan kasus harian positivity rate cenderung melandai dalam satu bulan terakhir.

Indonesia mengadopsi enam strategi WHO menuju endemi. Mulai mengkomunikasikan risiko melalui sosialisasi kepada masyarakat, bahwa pandemi Covid-19 masih ada dengan risikonya.

Kedua, melakukan vaksinasi dosis 1, dosis 2 hingga vakasinasi booster. Selanjutnya memastikan sistem pelayanan kesehatan dari hulu ke hilir sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan kasus. Serta pengendalian secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengemukakan, Covid-19 telah menewaskan jutaan orang dan menginfeksi 606 juta sejak muncul pada akhir 2019, pekan lalu turun ke level terendah sejak Maret 2020.

“Pekan lalu, angka kematian akibat Covid-19 mingguan yang terlaporkan adalah yang terendah sejak Maret 2020. Kita belum pernah ada di posisi sebaik ini dalam upaya mengakhiri pandemi Covid-19. Kita belum tiba di sana (akhir pandemi Covid-19), tapi akhir pandemi sudah di depan mata” tulianya dari laman Twitter resmi @DrTedros, Jumat (16/9/2022).(dan)

Exit mobile version