LKB Minta Pj Gubernur DKI Optimalkan Perda Pelestarian Budaya Betawi

LKB Minta Pj Gubernur DKI Optimalkan Perda Pelestarian Budaya Betawi - Kasetpres - www.indopos.co.id

Teks foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu dengan Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres), Heri Budi Hartono, yang ditunjuk Presiden (Jokowi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta. Foto: Twitter/@aniesbaswedan

INDOPOS.CO.ID – Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Beky Mardani meminta, penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengoptimalkan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 4 tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Salah satunya menempatkan ondel-ondel dalam tiap festival budaya.

“Menyediakan ruang terbuka dan mall publik untuk pertunjukan ondel-ondel,” kata Beky saat dihubungi lewat gawai, Jakarta, Senin (17/10/2022).

Upaya tersebut dilakukan guna mengatasi, fenomena maraknya pengamen ondel-ondel di sudut-sudut jalanan ibu kota. Tentu kesenian ondel-ondel harus tetap dilestarikan dan dipentaskan pada tempat yang layak.

“Sehingga tidak ada lagi ondel-ondel ngamen dan mengarah, pada mengganggu ketertiban umum dan yang lebih parah ada eksploitasi seni budaya betawi “ondel-ondel” buat mengemis,” ucap Beky.

Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi H. Becky mardhani

Selama masa kepimpinam Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah banyak membangun ruang terbuka hijau (RTH). Hanya saja belum penyelarasan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mendukung penampilan ondel-ondel di ruang publik.

“Ruangnya ada, tapi belum ada pengaturan dari SKPD terkait. Harus dikoordinasikan oleh SKPD terkait,” ujar Beky.

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta
Anies Baswedan berakhir pada, Minggu (16/10/2022) kemarin. Anies telah menjabat sejak tahun 2017 alias lima tahun. Di penghujung masa jabatannya masih ada beberapa program kerja yang belum diselesaikan.

Selepas jabatan Anies, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Dia bakal dilantik pada pagi ini di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.(dan)

Exit mobile version