Bertambah, Kasus Gagal Ginjal Akut Jadi 269 dan Kematian 157 Orang

Bertambah, Kasus Gagal Ginjal Akut Jadi 269 dan Kematian 157 Orang - organ ginjal 1 - www.indopos.co.id

Ilustrasi organ ginjal. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan, kasus gangguan ginjal akut misterius (acute kidney injury/AKI) di Indonesia mengalami peningkatan. Data terbaru melaporkan mencapai 269 kasus yang tersebar di sejumlah provinsi Tanah Air.

“Pada 26 Oktober 2022 itu tercatat 269 kasus, terdiri dari 27 provinsi,” kata Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril dalam jumpa pers virtual, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Ada penambahan 18 kasus gagal ginjal akut pada anak tersebut. Sebelumnya terdapat 251 kasus gagal ginjal akut yang berasal dari 26 provinsi hingga, Senin (24/10/2022) kemarin.

“Dari 269 kasus itu, ada peningkatan. Namun ada 18 kasus, hanya ada tiga kasus baru setelah kita umumkan pelarangan obat sirup,” kata ujar Syahril.

Adapun pasien yang dirawat sebanyak 27 orang. Sementara angka kematian akibat terkena gagal ginjal akut sudah cukup banyak. Sedangkan angka kesembuhan mencapai 39 kasus. “Kasus meninggal 157 kasus atau berarti 58 persen,” jelas Syahril.

Ilustrasi organ ginjal. (Freepik)

Surat Edaran (SE) Kemenkes pada tanggal 18 Oktober yang meminta untuk tidak menjual dan tidak meresepkan obat sirop di fasilitas layanan kesehatan (RS, puskesmas, apotek, dll), sementara telah berhasil mencegah penambahan kasus baru.

Kementerian Kesehatan bergerak cepat disamping melakukan surveilans atau penyelidikan epidemiologi, terus melakukan penelitian untuk mencari sebab sebab terjadinya GGA. Diantaranya kita sudah menyingkirkan kasus yang disebabkan infeksi, dehidrasi berat, oleh perdarahan berat termasuk keracunan makanan minuman.

Kemenkes bersama IDAI dan profesi terkait telah menjurus kepada salah satu penyebab yaitu adanya keracunan atau intoksikasi obat.

“Jadi kasus GGA bukan disebabkan oleh Covid-19, vaksinasi Covid-19 atau imunisasi rutin,” imbuh Syahril. (dan)

Exit mobile version