Jadi King Maker, Pengamat: Jokowi Ingin Pemenang 2024 Melanjutkan Programnya

Jadi King Maker, Pengamat: Jokowi Ingin Pemenang 2024 Melanjutkan Programnya - pemilu kotak suara disabilitas - www.indopos.co.id

Ilustrasi simulasi pemilihan umum (Pemilu). Foto: Dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi menyebut, ada tiga tokoh utama yang bisa memungkinkan jadi king maker dalam penentuan calon presiden (Capres) di 2024 nanti. Ketiga king maker tersebut, di antaranya Megawati Soekarnoputri, Surya Paloh dan Joko Widodo (Jokowi).

“Ketiga tokoh ini memiliki kelebihan dan keleluasaan politik,” ungkap Burhanuddin Muhtadi di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Dari ketiganya, menurut dia, sosok Megawati yang memiliki keleluasaan untuk mencetak Capres di 2024 mendatang. Sebab, PDI Perjuangan secara administratif sudah cukup untuk mendapatkan tiket 2024, tanpa harus melakukan koalisi dengan partai lain.

“Surya Paloh minimal membutuhkan 2 partai menengah, untuk meloloskan Anies di 2024,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Instagram/@jokowi

“Sementara Jokowi bukan pimpinan partai, tetapi posisinya sebagai komandan 7 partai koalisi di pemerintah memungkinkan untuk menjodohkan partai pendukung dalam 1 aliansi,” imbuhnya.

Dari ketiga tokoh tersebut, lanjut dia, Megawati dan Jokowi membuat aliansi masih sangat terbuka. Sangat tergantung pada pilihan nama yang akan muncul dari kedua tokoh ini.

“Kepentingan Jokowi itu, yang menang di 2024 bisa melanjutkan programnya,” ucapnya.

Pada posisi tersebut, menurut dia, Jokowi memiliki kesempatan untuk membuka dialog dengan Anies Baswedan. Karena, memiliki potensi menang yang besar di 2024 nanti.

“Secara politik Pak Jokowi punya kepentingan kepada siapapun yang potensial menang di 2024,” ungkapnya. (nas)

Exit mobile version