Ahli Nilai Keterangan Saksi Susi di Persidangan Tidak Kredibel

brigadir j

Saksi Susi di persidangan. Foto: Tangkapan layar YouTube Polri Tv Radio

INDOPOS.CO.ID – Ahli Mikro Ekspresi Monica Kumalasari mengatakan, manusia itu terbatas. Sehingga ada kebocoran-kebocoran. Dan itu, menurut dia, akan nampak pada persidangan-persidangan berikutnya.

“Di persidangan berikutnya akan memikirkan di persidangan sebelumnya. Dan ini akan nampak sekali kebocoran-kebocorannya,” ungkap Monica Kumalasari di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Apalagi, lanjut dia, apa yang diucapkan tidak sesuai dengan pengalaman-pengalaman sebenarnya. Dan tentu keterangan Susi akan berubah lagi.

Lebih jauh ia mengungkapkan, saksi Susi bisa memberikan keterangan lancar terkait memori episodiknya. Dengan banyaknya tuntutan, maka akan ada cross.

“Ini (cross) akan muncul di wajah. Mata awan melihat wajah Susi datar, tapi ketika kita lihat dengan zoom, nampak sekali dia berusaha untuk berpikir,” terangnya.

Saksi Susi di persidangan. Foto: Tangkapan layar YouTube Polri Tv Radio

“Jadi, dari keterangan Susi kemarin itu tidak kredibel. Kalau berbohong itu keyakinan hakim,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada sidang saksi dengan terdakwa Bharada E, saksi Susi banyak mendapat teguran dari majelis hakim. Sebab, banyak sekali keterangan Susi di muka persidangan berbeda dengan keterangan dalam berita acara pemeriksaan (BAP). (nas)

Exit mobile version