Pascagempa Cianjur, Daop 1 Klaim Perjalanan Kereta Tak Terganggu

PT-Kereta-Api-Indonesia-DAOP-1

Kereta Api tengah melaju dalam sebuah perjalanan. Foto: Dokumen KAI Daop 1 Jakarta

INDOPOS.CO.ID – PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh perjalanan kereta api (KA) di wilayah kerja Daop 1 Jakarta saat ini dalam kondisi aman, lancar dan terkendali menyusul gempa bumi magnitudo (M) 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat.

“Tidak ada gangguan operasional dampak kejadian tersebut termasuk perjalanan KA Pangrango pada lintas Bogor – Sukabumi,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Pascaterjadinya gempa sejumlah KA sempat diberhentikan sesaat dengan rentang waktu paling lama hingga 10 menit, untuk pemeriksaan kondisi prasarana guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan KA.

Setelah dilakukan pemeriksaan kondisi prasarana perkeretaapian seperti jalur rel, jembatan, persinyalan, listrik aliran dan sejumlah prasarana lainnya terpantau dalam kondisi baik, serta tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu operasional KA.

“Seluruh petugas PT KAI Daop 1 Jakarta selalu siaga mengantisipasi semua kemungkinan yang berkaitan dengan alam salah satunya gempa,” ujar Eva.

Kondisi rumah warga rusak berat akibat gempa magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur. Foto: BPBD Cianjur for indopos.co.id

Pada titik rawan petugas yang berjaga selalu melakukan pengawasan dan pemantau berkala, untuk memastikan kondisi prasarana dalam kondisi baik.

Koordinasi antara petugas penjaga daerah rawan dan semua jajaran operasional termasuk masinis, yang selalu mendapatkan pantauan terbaru dari Pusat Pengendali Kereta Api juga dilakukan.

Pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau modified Mercalli intensity, wilayah Cianjur V-VI MMI, Garut dan Sukabumi IV – V MMI, Cimahi, Lembang, Kota Bandung Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor dan Bayah III MMI, Rancaekek, Tangerang Selatan, DKI Jakarta dan Depok II – III MMI. (dan)

Exit mobile version