Gempa Garut Terasa Sampai Cianjur, Warga Diminta Hati-Hati

gempa

Ilustrasi gempa. (dok Indopos)

INDOPOS.CO.ID – Gempa bumi magnitudo 6.4 yang dimutakhirkan menjadi magnitudo 6.1 mengguncang kawasan Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) pukul 16.49 WIB dirasakan hingga wilayah lainnya.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 7.51 LS dan 107.52 BT pada kedalaman 109 kilometer. Menurut BMKG, pusat gempabumi berada di darat dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan gempa bumi itu dirasakan cukup kuat sekian detik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung.

Pusat gempa di Garut. Foto: BMKG

Suharyanto saat ini, masih berada di Posko Darurat Bencana Gempabumi magnitudo 5.6 Cianjur pun turut merasakannya.

“Dirasakan cukup kuat selama 4-5 detik di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung,” kata Suharyanto dalam keterangannya, Sabtu (3/12/2022).

Berdasarkan perkembangan yang dihimpung selang dua jam usai guncangan gempabumi M 6.4 tersebut, belum ada laporan terkait gempabumi susulan dirasakan dan berdampak signifikan. “Belum ada gempa susulan,” ucap Suharyanto.

Ia tetap meminta warga agar tetap tenang dan waspada serta hati-hati. “Menyikapi gempabumi yang tadi terjadi, sekali lagi. Tetap tenang, waspada, tetapi tidak perlu menghentikan aktivitas sehari-hari,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version