Imbas Gempa Garut, 4 Rumah Warga Rusak dan 1 Orang Luka

gempa ilustrasi

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan, ada sebanyak empat rumah rusak dan satu unit sekolah mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 6.1 mengguncang Garut, Jawa Barat.

Di samping itu, ada satu warga Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke Puskesmas terdekat.

“Sementara empat unit rumah rusak di Kabupaten Garut, dan satu unit sekolah, SDN Jatiwanti 1 rusak. Ada satu korban jiwa mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke puskesmas setempat,” kata Kepala BNPB Suharyanto dalam keterangannya, Sabtu (3/12/2022).

Menyikapi adanya gempabumi Garut, BNPB akan segera mengirimkan tim membantu pendampingan daerah dan kaji cepat serta kebutuhan lain yang diperlukan.

Pusat gempa di Garut. Foto: BMKG

Mengenai perkembangan informasi darurat terkait gempabumi Garut akan disampaikan secara berkala.

“Saya dengan seluruh tim dan BPBD ini segera akan mengumpulkan informasi dan dan keterangan lebih lanjut. Setiap perkembangan informasi diperoleh akan diinformasikan kepada masyarakat,” tutur Suharyanto.

Suharyanto berharap guncangannya tidak terlalu merusak dan tidak terlalu banyak menyebabkan jatuh korban jiwa.

“Menurut BMKG, gempa ini cukup dalam. Berdasarkan pengalaman gempa sebelumnya, dengan kedalaman di atas 60 kilometer, apalagi ini di atas 100 kilometer, ini dampak kerusakannya diharapkan tidak terlalu merusak,” imbuh Suharyanto.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 7.51 LS dan 107.52 BT pada kedalaman 109 kilometer. Menurut BMKG, pusat gempabumi berada di darat dan tidak berpotensi tsunami. (dan)

Exit mobile version