Jokowi Sambangi Lagi Cianjur, Ini Harapan Pengungsi Gempa

jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dan menyapa para penduduk yang mengungsi di Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Foto: Dok Setkab for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau dan menyapa para penduduk yang mengungsi di Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (5/12/2022).

Jokowi mengatakan, para pengungsi terdampak gempa Cianjur dalam keadaan baik. Mereka mengharapkan tempat tinggalnya yang rusak pascagempa itu dapat segera dibangun.

“Ya pengungsi tadi semuanya kita lihat sehat, tetapi yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai,” kata Jokowi di Cianjur, Senin (5/12/2022).

Kedatangannya di Cianjur juga untuk memastikan bahwa pembangunan rumah bagi warga terdampak yang direlokasi dapat dimulai pada hari ini. “Saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama, yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya,” jelasnya.

Ia memastikan, pemilihan kawasan relokasi bagi warga tersebut sudah melalui kajian dari instansi yang berwenang di bidangnya. Dengan demikian lokasi tersebut dipastikan lebih aman bagi warga.

Salah satu sekolah terdampak gempa di Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Foto: Dokumen BNPB

“Itu sudah lewat kajian dari BMKG dan dari instansi yang terkait, Badan Meteorologi sudah semuanya,” ucap Jokowi.

Sementara itu, bantuan bagi rumah warga terdampak yang bukan relokasi akan segera diberikan setelah selesai proses verifikasi.

“Nanti Kamis ini baru persiapan termasuk verifikasi semuanya selesai, nanti untuk bantuan yang bukan relokasi, yang bantuan Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta juga akan diberikan pada Kamis,” imbuhnya.

Bantuan bagi rumah yang rusak tersebut, ia berharap masyarakat bisa mulai beraktivitas membangun rumahnya. “Kita harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi, ada pergerakan ekonomi. Itu yang kita harapkan,” jelasnya. (dan)

Exit mobile version