Persiapkan Pernikahan, Calon Menantu Jokowi Gunakan Aplikasi Elsimil, Untuk Apa?

erina

Calon istri Kaesang Pengarep, Erina Gudono menunjukan aplikasi Elsimil. Foto: BKKBN for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Erina Gudono, calon istri Kaesang Pengarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mempersiapkan diri dalam membangun rumah tangga dengan baik. Calon menantu Jokowi itu telah mengisi aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil) dan mendapatkan sertifikat dengan hasil ideal.

“Saya sudah men-download dan mengisi semua kuesioner di aplikasi Elsimil. Sangat mudah dan jelas informasinya,” kata Erina di kediamannya kawasan Mlati, Sleman, Yogyakarta pada akhir November lalu.

Menurut Erina, seluruh kuesioner dalam aplikasi Elsimil yang dikembangkan BKKBN sebagai langkah untuk pencegahan stunting dari hulu itu, telah ia isi.

“Banyak informasi yang dibutuhkan oleh calon pengantin maupun calon ibu yang mempersiapkan kehamilan setelah menikah ada di dalam aplikasi Elsimil,” ucap Erina.

Dari pengisian kuesioner, Erina telah mendapatkan sertifikat Elsimil dengan hasil ideal untuk hamil. Ia berpesan kepada generasi muda yang sedang mempersiapkan perkawinan menjaga kesehatan diri.

Sekaligus menjaga pasangannya agar saat hamil, nantinya dalam keadaan sehat sehingga melahirkan anak-anak yang sehat dan terhindar dari stunting.

Kaesang mengatakan bahwa telah menyerahkan penuh kepada Erina dalam kesiapannya untuk hamil dan punya anak. Serta akan mengikuti apa yang terbaik menurut Erina.

“Punya berapa anak saya serahkan kembali ke Erina karena ‘kan itu badannya Erina,” ucap Kaesang usai acara gladi bersih akad nikah dan panggih pengantin di Pendopo Ambarrukmo, Sleman, Selasa (6/12/22).

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menyampaikan apresiasi kepada Kaesang dan Erina dalam persiapan dan perencanaan, membangun rumah tangga mereka dengan melakukan prekonsepsi, yakni mengisi aplikasi Elsimil.

Aplikasi Elsimil menurut Hasto merupakan aplikasi yang dikembangkan BKKBN bersama dengan Kementerian Agama sebagai upaya pencegahan stunting. Kuesioner dalam aplikasi Elsimil adalah skrining awal terhadap risiko bayi yang dilahirkan dalam kondisi stunting.

“Risiko stunting itu terjadi sejak pembuahan dalam rahim ibu, delapan minggu atau 56 hari itu sudah bisa diprediksi terjadinya stunting. Pencegahan stunting hanya dapat dilakukan pada 1.000 hari pertama kehidupan, yakni 270 hari dalam kandungan dan 730 hari atau anak sampai usia dua tahun,” jelas Hasto.

Prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan berlangsung pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah. (dan)

Exit mobile version