3 Pemain Prancis Terkena Flu Unta, Pengamat: Angka Kematian 35 Persen

flu unta

Ilustrasi seseorang terkena flu unta. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Sejumlah pemain timnas Prancis diduga terserang penyakit flu unta menjelang laga final Piala Dunia 2022. Mereka adalah Kingsley Coman, Dayot Upamecano, dan Adrien Rabiot.

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara, Prof. Tjandra Yoga Aditama menjelaskan, bahwa flu unta itu nama sebenarnya Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang disebabkan virus korona.

“(Flu unta) masih satu “keluarga” dengan penyebab Covid-19 sekarang ini dan juga SARS pada 2003 yang lalu,” kata Tjandra dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (17/12/2022).

Ia mengemukakan, angka kematian MERS pada kasus yang dilaporkan ke WHO adalah 35 persen, jauh lebih tinggi dari Covid-19 yang angka kematiannya sekitar 2 sampai 3 persen.

“Beberapa negara Asia pernah melaporkan kasus MERS ini, antata lain Malaysia, Thailand dan juga pernah ada outbreak MERS di Korea Selatan, yang pernah disebut outbreak terbesar di luar jazirah Arab,” tutur Tjandra.

Sementara penularannya ada dua jenis, dari unta ke manusia dan juga penularan antar manusia. Flu unta dilaporkan telah menyerang puluhan orang di Qatar selama dekade terakhir.

Pelatih Prancis Didier Deschamps mengungkap, tiga pemain timnas Prancis mengidap penyakit flu unta menjelang partai final Piala Dunia 2022 di Qatar pada, Minggu (18/12/2022) besok pukul 22.00 WIB.

“Kami memiliki beberapa kasus gejala mirip flu. Coman demam pagi ini, kami sedang berusaha untuk berhati-hati agar tidak menyebar,” ucap Didier Deschamps mengutip DailyMail, Jumat (16/12/2022).

Deschamps mengatakan, ketiga anak asuhnya mengalami penurunan imunitas pada tubuhnya setelah terkena penyakit tersebut. Ia menduga ketiga pemainnya terserang camel flu atau flu unta.

“Para pemain telah berusaha keras di lapangan dan jelas sistem kekebalan tubuh mereka telah menurun,” bebernya. (dan)

Exit mobile version