Jelang Natal, Jibom Sterilisasi 1.385 Gereja di Wilayah Polda Metro

gereja

Gereja Katedral Jakarta. Foto: Instagram/@katedraljakarta

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengerahkan, tim penjinak bom (jibom) untuk melakukan sterilisasi sejumlah gereja di wilayah hukumnya sebelum pelaksanaan ibadah Natal 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyatakan, upaya tersebut merupakan bagian pengamanan selama rangkaian ibadah Natal. Tujuannya tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sebelum melakukan kegiatan peribadatan, dilakukan juga sterilisasi oleh Jibom untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Zulpan di Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Tercatat ada ribuan gereja yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Tim gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan ditempatkan di seluruh gereja tersebut memastikan keamanan ibadah Natal.

“Terhadap gereja-gereja yang ada di wilayah Polda Metro berjumlah 1.385 gereja,” beber Zulpan.

“Kemudian gereja-gereja tersebut juga kita lakukan pengamanan berikut dengan kekuatan dari Polri, TNI dan juga masyarakat dan juga dari pengamanan dalam atau pamdal kita libatkan,” tambahnya.

Polda Metro Jaya mengerahkan 7.421 personel untuk gelaran Operasi Lilin Jaya 2022. Giat itu melingkup penanganan arus lalu lintas hingga pengamanan peribadatan Natal.

“Sebelum beribadah (diperiksa tim penjinak bom), kan tiap-tiap gereja itu kan berbeda-beda ya kegiatan Misa Natalnya,” ucap Zulpan.

Malam ini sekitar pukul 20.00 WIB, jajaran Forkopimda DKI akan melakukan pengecekan di Gereja Katedral Jakarta.

Dalam proses tersebut akan hadir Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

“7.421 (personel) ini operasi kepolisian terpusat dengan sandi Lilin Jaya 2022, jadi mereka fokus untuk kegiatan pengamanan Natal dan tahun baru. Sekarang Natal dulu nih, ya di tanggal 24 kan, jadi sekarang sasarannya fokus Natal dulu, nanti setelah itu baru tahun baru fokusnya,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version