Operasi Lilin Hari Kedua, Polri Pantau Arus Lalin Tempat Wisata dan Gereja

Operasi Lilin Hari Kedua, Polri Pantau Arus Lalin Tempat Wisata dan Gereja - operasi lilin 1 - www.indopos.co.id

Kegiatan pengaturan lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Foto: Instagram/@humaspolresbogor

INDOPOS.CO.ID – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri lebih memusatkan pemantauan pergerakan kendaraan menuju sejumlah jalur tempat wisata di Tanah Air. Hal tersebut merupakan bagian dari Operasi Lilin 2022 hari kedua.

Operasi Lilin 2022 dilaksanakan selama dua pekan, dimulai dari 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Giat tersebut dilaksanakan dalam rangka pengecekan persiapan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2023.

“Kegiatan (Operasi Lilin) hari ini kita tetap fokus untuk arus lalu lintas terutama di jalur wisata, kemungkinan ada peningkatan ke tempat wisata daerah puncak maupun daerah wisata lainnya,” kata Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigadir Jenderal Aan Suhanan di Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Pihaknya menerapkan contraflow atau sistem rekayasa atau pengaturan lalu lintas, yang dilakukan mengubah sebagian arah arus lalu lintas kendaran demi mencegah terjadinya kemacetan.

“Pagi ini sudah kita lakukan contraflow, di Ciawi ke Gadog karena ada peningkatan arus,” ujar Aan.

Pada malam hari akan difokuskan pada pengaturan lalin sekitar tempat peribadahan perayaan Natal 2022. Tak menutup kemungkinan bakal ada rekayasa lalu lintas.

“Nanti malam kita sudah fokus ke tempat ibadah, untuk jalur di sekitar tempat ibadah mungkin beberapa wilayah-wilayah dilakukan rekasaya lalu lintas untuk memperlancar di sekitar tempat peribadatan,” jelas Aan.

Jika sesuai prediksi dan masukkan beberapa stakeholder, puncak arus mudik libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 terjadi selama dua hari. Mulai kemarin dan hari ini. Namun tidak terjadi pelonjakan kendaraan yang signifikan. “Malam sampai dini hari (tadi) tidak terjadi, bangkitan yang signifikan,” ucap Aan.

“Mungkin hari ini. kita tetap akan mengantisipasi, mungkin. hari ini masih ada akan berpegian ke arah timur atau barat ke tempat wisata sudah jelas ada peningkatan ya seperti di Puncak, Bogor,” tambahnya. (dan)

Exit mobile version