Hari Kedua Operasi Lilin 2022, 43 Kecelakaan dan 6 Orang Meninggal

Kecelakaan-Lalin

Mobil pribadi menabrak separator bus Transjakarta di kawasan Bunderan HI, Jakarta beberapa waktu lalu. Foto: Twitter/@TMCPoldaMetro

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengemukakan, data kecelakaan lalu lintas selama libur Natal dan tahun baru 2022. Ada puluhan kecelakaan tercatat pada hari kedua Operasi Lilin 2022 atau tepatnya hingga, Sabtu (24/12/2022).

Operasi Lilin 2022 berlaku selama dua pekan, dimulai dari 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Giat tersebut dilaksanakan dalam rangka pengecekan persiapan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2023.

“Data kecelakaan lalin, pada Sabtu 24 Desember 2022 sebanyak 43 kejadian,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Komisaris Besar (Kombes)Nurul Azizah dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (26/12/2022).

Dari data tersebut, sebagian besar mengalami luka ringan. Serta ada pengendara yang menjadi korban meninggal dunia dan luka berat.

Polri Sat Lantas Jakarta Pusat bersama Dishub melakukan imbauan dan teguran kepada pengemudi bajaj, angkot, dan Ojol untuk tidak mengetem kendaraan terlalu lama di depan Stasiun Tanah Abang agar tidak terjadi kemacetan.Foto: Twitter/@TMCPoldaMetro

“Dengan rincian enam orang meninggal dunai tiga orang luka berat dan 69 orang luka ringan,” kata Nurul.

Sementara untuk data pelanggar lalu lintas, berdasarkan hasil pantuan kamera ETLE tertangkap kamera sebanyak 1.702 perkara dan teguran secara humanis 9.843 perkara

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik natal 2022, agar memastikan kondisi fisik sehat serta priksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan,” tuturnya.

Selain itu, manfaatkan rest area seefektif mungkin untuk beristirahat dan pastikan saldo uang elektronik mencukupi.

“Para pemudik yang akan ataupun sedang perjalanan mudik, dapat mengakses aplikasi google maps untuk mendapatkan informasi mengenai arus lalin,” imbuhnya.(dan)

Exit mobile version