Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Laik Terbang, Mulai Digunakan Tahun 2003

sigit

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan soal evakuasi korban helikopter jatuh di Jambi. Foto: Dok Humas Polri for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, helikopter yang mengangkut Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan telah dilakukan pemeriksaan berkala, termasuk saat hendak digunakan.

Helikopter tersebut mengangkut delapan orang terdiri dari tiga kru helikopter dan lima jajaran Polda Jambi. Seluruh penumpang dan pilot telah dievakuasi dalam kondisi selamat.

“Heli ini kita gunakan mulai tahun 2003. Selama ini secara rutin dilakukan maintenance termasuk saat mau digunakan dilaporkan dalam kondisi layak digunakan,” kata Listyo di Jambi, Selasa (21/2/2023).

Saat ini yang terpenting adalah menyelamatkan korban yang terluka. Setelah itu, pihaknya akan melakukan evakuasi puing-puing dan penyebab jatuhnya helikopter.

Tim SAR Gabungan menemukan titik lokasi Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan yang mendarat darurat dengan helikopter di Desa Tamia, Kerinci, Provinsi Jambi. Foto: Ist

“Tentunya pendalaman lebih lanjut akan dilaksanakan dari jajaran Poludara terkait dengan permasalahan apa yang terjadi,” ujar Listyo.

Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran yang ikut terlibat dalam proses evakuasi. Menurutnya, proses evakuasi bisa terlaksana berkat kerja sama semua pihak.

“Saya berterima kasih kepada tim baik dari Basarna, TNI AU, Korem, BMKG, Angkasa Pura termasuk masyarakat, Bupati dan semuanya tergabung yang bisa lakukan evakuasi dengan baik,” imbuh Listyo.

Total ada enam orang yang dirawat di RS Bhayangkara Jambi termasuk Rusdi Hartono. Sedangkan dua orang lainnya ada di GOR Merangin. Mereka akan dirawat di RS Bhayangkara usai diterbangkan pada Rabu (22/2/2023).

“Saat ini 6 orang di sini (RS Bhayangkara Jambi). Dua orang ada di GOR Merangin. Pasti (akan diterbangkan ke RS Bhayangkara Jambi),” ungkapnya.

Helikopter Polri jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan sempat mendarat darurat di Desa Tamia akibat cuaca buruk pada Minggu (19/2/2023) siang. (dan)

Exit mobile version