Kemenag akan Lakukan Pemantauan Hilal Ramadan 1444 H di 124 Lokasi

kemanag

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin. (Humas Kemenag)

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Agama (Kemenag) akan mengadakan sidang isbat (penetapan) 1 Ramadan 1444 H pada Rabu (22/3/2023).

Sidang ini akan diadakan secara tatap muka di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

“Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 00.23 WIB,” katanya dalam keterangan tertulis Selasa (21/3/2023).

Ilustrasi Bulan Suci Ramadan. Foto: English.cdn.zeenews.com

Menurutnya, “Imkanur rukyat” merujuk pada kemungkinan untuk melakukan pemantauan hilal. Pemantauan hilal dianggap memenuhi syarat jika posisi bulan sabit mencapai ketinggian 3 derajat di atas cakrawala dan sudut elongasinya adalah 6,4 derajat. Selain itunkata dia, bahwa pihaknya masih menunggu hasil pemantauan hilal untuk menentukan awal Ramadan tahun 1444 H.

“Kemenag telah menetapkan 124 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat,” tutupnya. (fer)

Exit mobile version