Tarif Tol Jakarta-Cikampek Diskon 20 Persen saat Mudik, Diharapkan Berlaku di Tol Lain

Tarif Tol Jakarta-Cikampek Diskon 20 Persen saat Mudik, Diharapkan Berlaku di Tol Lain - tol layang japek - www.indopos.co.id

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat meninjau Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II. Foto: Dok Kementerian PUPR

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah bakal memperkenankan diskon tarif tol sebesar 20 persen saat arus mudik Lebaran 2023. Potongan harga tersebut diberikan mulai 16-17 April 2023 atau H-5 dan H-6 Lebaran.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, diskon tersebut hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang.

“Surat dari asosiasi tol Indonesia, saya baru mendapatkan suratnya untuk diskon di tol ruas Jakarta-Cikampek di gerbang tol Cikampek Utama dan Kalihurip,” kata Basuki dalam rapat bersama Mabes Polri di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

“Besarnya diskon 20 persen diberikan kepada H-5 sampai H-6. Jadi tanggal 16-17 April 2023 untuk mudik, untuk arus baliknya di H+4 dan H+5 atau 27-28 April 2023,” tambahnya.

Kebijakan itu baru diberlakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, ia mengharapkan agar pengusaha tol lainnya menerapkan hal serupa saat momen Lebaran 2023.

“Jadi baru itu, yang baru dapat usulan jadi yang diusulkan oleh Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) untuk diskon tarif tol di ruas tol Cikampek, ini masih menunggu mudah-mudahan di ruas lain juga ada diskonnya,” ucap Basuki.

Terjadi antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama pada arus mudik tahun 2022. Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyatakan, pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen merupakan bentuk pelayanan bagi pengguna jalan tol. Bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas.

Sehingga menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama tanggal-tanggal yang telah diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Kami memprediksi puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Km 66) akan jatuh pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023, yaitu sebesar 138 ribu kendaraan atau mengalami kenaikan hingga 154 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal (54 ribu kendaraan) atau naik 2 persen dari Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 (135 ribu kendaraan),” kata Subakti, dikutip hari ini. (dan)

Exit mobile version