Antisipasi Kemacetan, Korlantas Batasi Istirahat Pemudik di Rest Area

Antisipasi Kemacetan, Korlantas Batasi Istirahat Pemudik di Rest Area - rest area - www.indopos.co.id

Kendaraan terparkir di rest area jalan tol. (Dok Kementerian PUPR)

INDOPOS.CO.ID – Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas Polri, Brigadir Jenderal Ery Nursatari mengatakan, jalan tol masih menjadi primadona pemudik, khususnya pengguna roda empat, dalam beberapa tahun terakhir.

Namun tak memungkiri, rest-rest area di jalan tol berpotensi menjadi sumber kemacetan seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Maka itu, Korlantas Polri bersama Kementerian PUPR telah melakukan peninjauan ke lapangan sejak Januari hingga Februari 2023 lalu. Itu dilakukan memetakan dan menyiapkan strategi mengantisipasi kemacetan akibat menumpuknya kendaraan di rest area.

“Kami dari kepolisian mengatur mekanisme lalu lintas di dalam rest area dengan batas waktu maksimal 30 menit. Pun kalau rest area penuh akan kita tutup” kata Ery dalam acara daring, Jakarta, Senin (10/4/2023).

Ilustrasi – Rest Area Km101 dan Rest Area Km102 Tol Cipali-Subang. Foto: Instagram/@official_restarea101_102

“Untuk rest area memang daya tampungnya terbatas. Tapi Kementerian PUPR telah mengambil langkah dengan memperluas lahan-lahan parkir,” tambahnya.

Kementerian PUPR akan menambahkan 2.833 mobile toilet tambahan dari jumlah eksistingnya 6.175 toilet. Sehingga total jumlah mobile toilet yang disiapkan ada sekitar 9 ribu.

Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 akan terjadi pada Kamis, (20/4/2023) dan Jumat, (21/4/2023). Korlantas memperkirakan, arus perjalanan mudik akan mulai meningkat sejak Selasa, (18/4/2023) sore.

Hal itu lantaran pada Rabu, (19/4/2023) sudah masuk dalam rangkaian libur cuti bersama Lebaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sementara arus balik diperkirakan bakal terjadi dalam dua gelombang, yakni pada 24-25 April dan 29 April sampai 2 Mei. (dan)

Exit mobile version