Pelaku Pengganti Barcode QRIS Kotak Amal Masjid Dibekuk Polisi

Pelaku Pengganti Barcode QRIS Kotak Amal Masjid Dibekuk Polisi - pelaku - www.indopos.co.id

Terduga pelaku pengganti QRIS di kotak amal masjid terekam cctv. Foto: tangkap layar dari Instagram @undercover.id

INDOPOS.CO.ID – Polisi membekuk sosok pria diduga pelaku terkait dugaan penipuan, dengan modus memalsukan tampilan QRIS/QR Code di sejumlah kotak amal masjid. Penangkapan itu gabungan antara Polres Metro Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya.

“Iya (ditangkap). Iya gabungan, dengan Subdit siber polda metro (Jaya),” kata Irwandhy saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Selasa, (11/4/2023).

Ia belum mau merinci identitas terduga pelaku. Hanya mengemukakan bahwa yang bersangkutan ditangkap di kawasan Jakarta Selatan.

“(Diamankan) di salah satu tempat, bukan di masjid. Kebayoran Lama. (Inisial) nanti ya,” ujar Irwandhy.

Saat ini, yang bersangkutan tengah dilakukan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. “Sementara itu dulu ya, soalnya maish melakukan pendalaman,” tuturnya.

Pria tempel QRIS palsu di kotak amal masjid Jakarta. Foto: Instagram/@undercover.id

Polisi telah lebih dulu mengidentifikasi identitas pelaku, sebelum dilakukan penangkapan. Aksi terduga pelaku diketahui terjadi di sejumah masjid di Jakarta. Termasuk di Masjid Istiqlal, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Aksi pria itu terekam oleh kamera CCTV dan menjadi perbincangan di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @jakartakota_. Bahwa tertulis peristiwa itu terjadi di Masjid Nurul Iman, Blok M Square lantai 7, Jakarta Selatan.

Pria berbadan gempal dan berkacamata itu masuk ke dalam masjid sambil membawa stiker barcode QRIS. Pria tersebut kemudian tampak menempelkan stiker barcode QRIS itu di atas kotak amal di dalam masjid itu. (dan)

Exit mobile version