KPAI Sebut Fasilitas Mudik Kurang Ramah bagi Penyandang Disabilitas

penyandang-disabilitas

Penyandang disabilitas melakukan uji coba akses fasilitas kereta api di Stasiun Pasar Senen. Foto: Dok KPAI

INDOPOS.CO.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyoroti sejumlah fasilitas di tempat mudik Lebaran 2023 belum sepenuhnya ramah bagi perempuan dan anak, termasuk para disabilitas. Salah satunya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Mudik tahun ini mengangkat tema “Ciptakan Mudik yang Aman, Nyaman dan Terbebas dari Kekerasan Seksual bagi Perempuan dan Anak”.

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra saat berdialog dengan para penyandang disabilitas, bahwa disampaikan situasi transportasi yang belum sepenuhnya akses.

“Menyoroti fasilitas yang belum sepenuhnya akses, bagi penyandang disabilitas perempuan pengguna kursi roda,” kata Jasra melalui gawai usai mengecek fasilitas di Stasiun Pasar Senen saat arus mudik Lebaran 2023, Jakarta, Senin (17/4/2023).

Baginya para penyandang disabilitas perempuan pengguna kursi roda berhak mendapatkan rasa aman, nyaman, menjunjung tinggi martabat, melindungi, menciptakan kemandirian dan mewujudkan kesetaraan. Karena mereka punya hak yang sama.

“Saya mendengarkan aduan mereka, yang mendapatkan nomor kursi ditengah gerbong, sehingga tidak bisa kursi roda mereka masuk. Artinya perlu diangkat.

Maka itu penting, kursi priority seat disetiap ujung gerbong dapat diperuntukkan penyandang disabilitas pengguna kursi roda. Karena ini bagian pemenuhan, perlindungan dan penghormatan bagi hak hak penyandang disabiltas.

“Kita membayangkan situasi mereka, naik bus, travel, kereta, kapal bila diangkat angkat maka akan beresiko tinggi mendapatkan pencabulan dan kekerasan seksual,” nilai Jasra.

Maka itu, dunia transportasi penting meningkatkan layanan, terutama para petugas yang terlatih dan memiliki kode etik bekerja.

“Kita ingin berbagai fasilitas bisa menerapkan standar, sehingga terwujud perjalanan integratif dan inlusif, baik ketika menuju transportasi, saat naik, saat diperjalanan dan setiba di tujuan,” ucapnya.

Sejumlah Komisioner KPAI bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menyambangi Stasiun Senen dan Terminal Pulogebang pada, Minggu (16/4/2023).(dan)

Exit mobile version