Jelang Lebaran, Harga Sejumlah Komoditas Diklaim Stabil

Kepala-NFA

Kepala NFA turun ke Pasar Induk Tangerang pastikan pasokan dan harga pangan pokok. Foto: Dok NFAKepala NFA turun ke Pasar Induk Tangerang pastikan pasokan dan harga pangan pokok. Foto: Dok NFA

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah pastikan stok dan harga pangan aman dan stabil menjelang beberapa hari Lebaran 2023. ala.

Hal itu dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang memerintahkan stabilitas pasokan dan harga pangan sebelum dan sesudah Idul Fitri benar-benar dijaga dan dipastikan.

“Malam ini kita sengaja lihat pasokan dan cek harga komoditas strategis yang dipantau NFA jelang Idul Fitri. Kali ini giliran pasar induk sayur dan buah yang berlokasi di wilayah Tangerang, Banten,” ujar Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Sejumlah bahan pokok tersedia dengan stok yang cukup, dari sisi harga relatif stabil walaupun ada kenaikan sedikit, tapi beberapa masih sesuai dengan Harga Acuan Pembelian/Penjualan (HAP) yang telah ditetapkan dalam Peraturan Badan Pangan Nasional.

“Tadi terpantau stok dan harga pangan di wilayah Tangerang Banten juga aman dan relatif stabil. Beberapa komoditas memang ada kenaikan harga sedikit disebabkan lonjakan permintaan mendekati Idul Fitri,” ucap Arief.

Berdasarkan hasil pemantauan di pasar Tanah Tinggi Tangerang, harga cabai merah keriting Rp35ribu-Rp 38 ribu/kilogram (kg) (HAP R37.000-55.000/kg), cabai rawit merah Rp35 ribu-Rp38ribu/kg (HAP Rp40 ribu-Rp57 ribu/kg), bawang merah Rp45 ribu/kg (HAP Rp36.500-Rp41.500/kg), dan bawang putih Rp30 ribu/kg.

Berdasarkan hasil pemantauan tersebut harga cabai merah keriting dan cabai rawit merah masih berada di kisaran HAP. Sedangkan bawang merah terpantau berada di atas HAP.

“Untuk komoditas cabai merah keriting dan cabai rawit merah masih sesuai HAP. Kondisinya memang ada kenaikan sedikit dibanding pertengahan Ramadan, namun masih sesuai HAP,” bebernya.

“Justru harga Rp 35.000-Rp 38.000 ini harga yang baik, kalau terlalu rendah kasihan petaninya. Untuk bawang merah ada kenaikan yang lebih disebabkan tingginya permintaan jelang Lebaran,” tambahnya.(dan)

Exit mobile version