Kapal Tabrak Kayu, 11 Orang Tewas, 74 Penumpang Dievakuasi Tim SAR TNI AL

kapal

Personel TNI AL Evakuasi Penumpang kapal SB. Evelyn Calisca 01 di Perairan Pulau Burung Riau. Foto: Puspenkum TNI for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui Tim SAR Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai merespons dengan cepat untuk melaksanakan operasi Search And Rescue (SAR) terhadap penumpang kapal SB. Evelyn Calisca 01 yang mengalami kecelakaan laut di sekitar perairan Pulau Burung, Kecamatan Kateman, Indragiri Hilir, Provinsi Riau pada Kamis (27/4/2023).

Komandan Lanal (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena mengatakan kejadian bermula ketika kapal SB. Evelyn Calisca 01 berangkat dari dermaga Pelindo Tembilahan menuju Tanjung Pinang pada tanggal 27 April sekitar pukul 10.10 WIB.

“Saat melintas di perairan Pulau Burung, Kecamatan Kateman, Indragiri Hilir, Provinsi Riau, kapal yang membawa 69 penumpang dan lima ABK diduga menabrak kayu Nipah yang hanyut. Hal tersebut menyebabkan kapal kehilangan kendali dan terbalik,” katanya Sabtu (29/4/2023).

Menurutnya, Tim SAR gabungan yang terdiri dari Prajurit TNI AL Posal Tanjung Datuk, Polair Tembilahan, Basarnas Indragiri Hilir Tembilahan, BPBD, Syahbandar Guntung dan masyarakat sekitar segera melaksanakan penyelamatan terhadap para penumpang. Langkah cepat yang dilakukan Tim SAR gabungan tersebut, berhasil mengevakuasi sebagian besar penumpang kapal SB. Evelyn Calisca 01 dalam keadaan selamat.

Ilsutrasi. Foto: Dokumen PTK

“Hingga saat ini dari 74 orang penumpang di kapal tersebut, 62 orang berhasil diselamatkan, 11 orang ditemukan meninggal dunia, dan satu orang lainnya masih dalam pencarian. Pihak terkait juga masih terus menyelidiki penyebab pasti terjadinya kecelakaan kapal tersebut,” pungkasnya

Tindakan cepat yang dilakukan oleh Prajurit TNI AL Posal Tanjung Datuk dalam melakukan pencarian merupakan pelaksanaan dari perintah yang diberikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

“Kasal telah memerintahkan seluruh jajarannya agar selalu siaga dan siap dalam merespons segala keadaan darurat di masyarakat dan dapat melaksanakan tindakan dalam hitungan jam,” tutupnya. (fer)

Exit mobile version