Operasi Evakuasi WNI dari Sudan Sukses, Bahkan Ada Warga Asing

Evakuasi-WNI-Sudan

Evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan. Foto: Puspen TNI for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Satuan Tugas TNI yang bergabung dalam Operasi Evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Port Sudan menuju Jeddah menggunakan pesawat TNI AU A-7305 berhasil mengeksekusi misi tersebut dengan sukses. Mereka berhasil mengevakuasi sejumlah WNI serta beberapa Warga Negara Asing (WNA) ke Arab Saudi pada Sabtu (29/4/2023).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspenkum) TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono menyampaikan rangkaian kegiatan evakuasi dari Port Sudan ke Jeddah telah dilaksanakan sebanyak empat sorti dan dinyatakan selesai. Pada sorti terakhir WNI yang berhasil dievakuasi terdiri dari Pasien Baring dua orang, Pendamping Pasien lima orang.

“Sementara WNA Australia jumlahnya 11 orang, WNA Sudan satu orang (istri WNA Australia, red), WNA Djiibouti satu orang (istri WNA Australia, red). Sedangkan personel KBRI Khartoum jumlahnya empat orang, termasuk di dalamnya Dubes RI di Khartoum Bapak Sunarko dan Personel Tim Evakuasi tujuh orang,” katanya, Minggu (30/4/2023).

Menurutnya, operasi evakuasi dari Port Sudan ke Jeddah telah dilaksanakan sebanyak empat kali dengan lancar dan kini telah selesai. Pesawat TNI AU A-7305 akan melakukan penerbangan kembali ke tanah air pada Minggu (30/4/2023).

“Sudah empat kali WNI dievakuasi dari Sudan ke Jeddah dengan Pesawat TNI AU A-7305,” tutupnya. (fer)

Exit mobile version