Suhu di Arab Saudi Capai 50 Derajat Celcius, Jamaah Haji Diminta Jaga Stamina

Jamaah-haji-2

ilustrasi jamaah haji Foto: dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Direktur Bina Haji, Kementerian Agama (Kemenag) Arsad Hidayat mengingatkan agar petugas mempersiapkan diri sebelum keberangkatannya ke Arab Saudi, baik persiapan yang sifatnya fisik maupun non fisik. Sehingga membantu dalam kelancaran tugasnya di Arab Saudi.

“Pelaksanaan haji tahun ini akan berlangsung pada musim panas. Cuaca diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celsius,” ungkap Arsad Hidayat dalam keterangan, Senin (15/5/2023).

Ia mengatakan, perlu persiapan fisik agar tetap optimal melayani jamaah. Dengan membiasakan minum air putih dari sekarang.

“Tahun ini juga kali pertama penyelenggaraan haji dalam kuota normal setelah pandemi Covid-19 melanda dunia,” ungkapnya.

“Indonesia mendapat 221.000 kuota, terdiri atas 203.320 kuota jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus,” imbuhnya.

Menurut dia, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini juga tidak ada pembatasan umur. Diperkirakan ada sekitar 67.000 jamaah dengan usia 65 tahun ke atas atau 30 persen dari total kuota jamaah haji Indonesia.

“Tahun ini dicanangkan pelaksanaan Haji Ramah Lansia. Sebagai langkah mitigasi, kita telah menambah jumlah petugas, termasuk penguatan pada layanan jamaah lansia,” ujarnya.

Diketahui, jamaah haji Indonesia akan mulai masuk asrama haji pada 23 Mei 2023. Mereka diterbangkan secara bertahap ke Arab Saudi mulai 24 Mei 2023. Sementara petugas Daker Bandara dan Madinah sudah berangkat lebih awal, 20 Mei 2023.(nas)

Exit mobile version