Beri Bonus SEA Games Ratusan Miliar, Jokowi Minta Atlet Jangan Beli Ini

joko

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan soal pemberian bonus atlet SEA Games 2023 di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: YouTube Sekretariat Presiden for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada seluruh atlet SEA Games 2023 dapat menggunakan bonus sebesar ratusan miliar rupiah itu dapat dipakai sebaik-baiknya. Selain itu, jangan tergiur dengan barang mewah yang tak berguna.

Jokowi memberikan bonus senilai Rp289 miliar kepada para atlet, pelatih dan ofisial yang meraih medali SEA Games 2023. Atlet perorangan peraih medali emas mendapat Rp525 juta, peraih perak Rp315 juta dan perunggu Rp150,5 juta.

“Saya pesan, saya titip bonus ini dimanfaaatkan sebaik-baiknya utamanya untuk investasi jangka panjang, jangan dibelikan barang mewah yang tidak bermanfaat,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Ilustrasi. (istimewa)

Ia menilai, barang yang bersifat jangka menengah hingga panjang jika dijual akan bernilai tinggi dan harganya bisa selalu naik. Berbanding terbalik dengan kendaraan yang mengalami penurunan setelah dibeli.

“Kalau beli mobil sekarang, tahun depan dijual sudah jadi separuh (nilainya, red). Bedanya di situ investasi dan bukan investasi. Saya titip di situ karena perjuangan saudara-saudara masih panjang,” pesan Jokowi.

Atlet ganda cabang olahraga apapun yang meraih mendali mendapat bonus sebesar Rp420 juta. Peraih mendali perak Rp257 juta dan perunggu Rp126 juta. Sementara atlet beregu peraih medali emas Rp367 juta, perak Rp220,5 juta dan perunggu Rp105,5 juta.

Torehan medali emas kontingen Indonesia di ajang multi-olahraga dua tahun itu bikin bangga, karena mampu melampaui target, yakni sebanyak 89 medali. Padahal Jokowi hanya memberikan target 69 medali emas.

“Jadi (saya, red) berpikir, bonusnya jadi gede banget. Kita hitung-hitung totalnya Rp289 miliar untuk atlet, asisten pelatih, semua diberikan,” ucap Jokowi. (dan)

Exit mobile version