Hanya Dua Fraksi Yang Menolak, Paripurna DPR Sahkan RUU Kesehatan Jadi UU

Hanya Dua Fraksi Yang Menolak, Paripurna DPR Sahkan RUU Kesehatan Jadi UU - uu kesehatan - www.indopos.co.id

Ketua Dewan perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani Bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai Pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan menjadi Undang-Undang (UU), dalam Sidang Paripurna, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2023). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – DPR RI akhirnya mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) Kesehatan menjadi Undang-Undang (UU) dalam Sidang Paripurna, yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, siang ini, Selasa (11/6/2023).

“Apakah Rancangan Undang-undang tentang Kesehatan dapat disetujui menjadi UU?” tanya Puan.

“Setuju,” sahut mayoritas anggota yang hadir. “Tok,” bunyi palu sidang diketok sebagai tanda disahkannya UU tersebut.

Pada saat pengesahan itu, Puan didampingi oleh Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus, dan Rachmat Gobel.

Mayoritas fraksi di DPR menyetujui pengesahan RUU Kesehatan ini. Fraksi-fraksi yang setuju adalah PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PPP, dan PAN.

Fraksi NasDem menerima dengan catatan. Hanya Fraksi Partai Demokrat dan PKS saja yang menolak pengesahan RUU Kesehatan itu.

Pengesahan RUU Kesehatan juga dihadiri langsung perwakilan pemerintah, di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar, serta Wakil Menteri Hukum dan HAM Eddy Hiariej.

Kemudian jajaran Kemendikbudristek, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Keuangan.

Sementara itu, di saat DPR bersama pemerintah mengesahkan UU Kesehatan,
ratusan dokter dan tenaga kesehatan menggelar aksi di depan Gedung MPR/DPR RI, Jakarta.

Mereka berasal dari lima organisasi profesi kesehatan yang sejak awal menolak RUU tersebut.

Massa aksi kompak mengenakan pakaian putih sudah mengepung gedung DPR pukul 10.30 WIB. Mereka juga membawa sejumlah poster dan banner yang berisi penolakan RUU Kesehatan dan mengancam mogok kerja jika RUU Kesehatan disahkan DPR.

Namun disaat UU Kesehatan ini disahkan, demonstrasi itu pun ikut membubarkan diri. Aparat keamanan terlihat mengawal aksi tersebut. (dil)

Exit mobile version