6.520 Aparat Amankan Demo Buruh, Masyarakat Diimbau Hindari Ruas Jalan Ini

Kawasan-Patung-Kuda

Sejumlah elememen masyarakat menggelar unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Foto: Dok INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menyiapkan pengamanan terkait aksi demo yang dilakukan sejumlah aliansi buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2023).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, ribuan personel gabungan akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan.

“Total ada 6.520 personel gabungan kita kerahkan untuk mengamankan aksi demo,” kata Trunoyudo dalam keterangannya, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Ia merinci personel gabungan terdiri dari 4.530 personel Polri, 1.680 personel TNI dan 310 personel Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta.

“Satgasda 3.295 personel, Satgasres 615 personel dan BKO (TNI serta Pemda) 2.610 personel,” tuturnya.

Selain menyiapkan pengamanan, Polda Metro melakukan pengalihan lalu lintas di sekitar lokasi agar tidak mengganggu kegiatan masyarakat.

“Kita juga siapkan rekayasa lalu lintas yang mengarah ke titik demo. Sifatnya tetap situasional namun diharapkan menghindari jalur tersebut,” ujarnya.

Pengalihan arus lalu lintas diterapkan di arus lalu lintas dari arah Hotel Indonesia menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (Situasional). Sementara Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit, Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.(dan)

Exit mobile version