Komisi I Setujui Jenderal Agus Jabat Panglima TNI

Komisi I Setujui Jenderal Agus Jabat Panglima TNI - agus subiyanto ip - www.indopos.co.id

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Agus Subiyanto. Foto: Puspen TNI

INDOPOS.CO.ID – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah memberikan persetujuan terhadap pencalonan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI setelah melewati uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR RI.

Persetujuan terhadap pencalonan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dibacakan langsung oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

“Keputusan itu secara bulat, yang artinya tidak ada anggota Komisi I yang menyampaikan sikap berbeda terhadap pencalonan Agus Subiyanto,” katanya dalam keterangan Senin (13/11/2023).

Dalam kesempatan yang sama, dia juga menyampaikan tidak ada catatan dari Komisi I DPR RI atas pencalonan Agus.

“Tidak ada catatan yang mengiringi, hanya harapan, Bapak Agus Subiyanto profesional, menjaga netralitas TNI, dan memperhatikan kesejahteraan prajurit,” ujar Meutya.

Komisi I DPR RI berharap agar Agus Subiyanto dapat mempertahankan kemitraan antara TNI dan Komisi I DPR RI. Setelahnya, Komisi I DPR RI mengirim surat ke pimpinan DPR RI terkait persetujuan tersebut. Proses berikutnya melibatkan pengesahan pencalonan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dalam Sidang Paripurna DPR RI oleh pimpinan DPR RI.

Jika disetujui dalam Sidang Paripurna DPR RI, Agus Subiyanto tinggal menunggu pelantikan sebagai Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam rapat yang sama, Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan terima kasih atas persetujuan dari Komisi I DPR RI.

Agus Subiyanto, yang baru-baru ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat, diusulkan sebagai calon tunggal Panglima TNI oleh Presiden Jokowi. Ia menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang purnabakti pada 26 November 2023. Agus telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR RI selama sekitar 2 jam. Selanjutnya, Komisi I DPR RI melakukan verifikasi faktual di kediaman pribadi Agus Subiyanto di Jakarta Timur. (fer)

Exit mobile version