Waspada Lonjakan Covid-19, Masyarakat Diimbau Testing Sepulang dari Luar Negeri

Waspada Lonjakan Covid-19, Masyarakat Diimbau Testing Sepulang dari Luar Negeri - tes pcr covid - www.indopos.co.id

Ilustrasi pemeriksaan Covid-19 melalui metode PCR. Foto: Freepik

INDOPOSCO.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta, masyarakat Indonesia yang berpergian keluar negeri segera melakukan tes Covid-19 setibanya di Tanah Air menyusul tren kenaikan kasus positif belakangan ini.

Berdasar data Kementerian Kesehatan menyebutkan pada pertengahan Desember 2023 mencapai 200 kasus, dengan rata kasus harian sebanyak 35-45 kasus. Kasus Covid-19 kali ini didominasi subvarian EG.5.

Subvarian tersebut merupakan turunan dari varian Omicron dan masuk dalam kategori variants of interest (VOI) atau varian memiliki mutasi genetik yang diprediksi dapat memengaruhi karakteristik klinis virus.

“Varian (EG.5) sudah masuk, masuknya banyak dari negara tetangga. Jadi buat teman-teman dari luar negeri sebaiknya memang begitu pulang dites, apalagi sudah merasa tak enak badan,” kata Budi Gunadi di Jakarta dikutip, Jumat (15/12/2023).

Varian tersebut sempat menjadi biang kerok, lonjakan kasus Covid-19 dua kali di Singapura pada periode 19-25 November 2023. Berdasar catatan Badan Kesehatan Global (WHO), EG.5 telah dilaporkan di 73 negara.

Ilustrasi pemeriksaan tes Covid-19. Foto: Freepik

Bahkan prevalensinya terus meningkat secara global, mayoritas kasusnya berasal dari AS, Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Namun, meroketnya tren kasus Covid-19 di Indonesia, tidak diikuti peningkatan rawat inap dan kematian.

Karakteristik dari subvarian tersebut, dapat menyebabkan peningkatan kasus dan menghindari dari kekebalan, sehingga lebih mudah menginfeksi tetapi tidak ada perubahan tingkat keparahan.

“Datangnya dari mana, terutama dari perjalanan luar negeri. nyatanya varian ini penularannya cepat, tapi fatality rate-nya sangat rendah,” jelas Budi Gunadi.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus Covid-19. SE tersebut ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota.

“Surat edaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, laboratorium kesehatan masyarakat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan para pemangku kepentingan terkait peningkatan kewaspadaan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia,” ujar Nadia. (dan)

Exit mobile version