Kapolri: 146 Tersanga Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023

Kapolri-Listyo-Sigit

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Foto: Dok Div Humas Polri

INDOPOS.CO.ID – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengemukakan, ada ratusan tersangka teroris berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023. Dengan mengedepankan langkah preventive strike untuk meniadakan serangan teror.

“Berhasil menangkap 146 orang tersangka, di mana empat diantaranya dilakukan penegakkan hukum oleh Operasi Madago Raya 2023,” kata Sigit saat Rilis Akhir Tahun 2023 di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).

Daerah Operasi Madago Raya meliputi empat kabupaten, yakni Kabupaten Poso, Kabupaten Sigi, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Tojo Una-Una. Operasi pemulihan keamanan itu dilakukan sebagai sistem keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) yang aman dan kondusif.

“Meskipun kelompok MIT sudah berhasil ditumpas, namun operasi terus dilakukan untuk pemulihan keamanan,” ujar Sigit.

Selain itu, melaksanakan deradikalisasi terhadap mantan narapidana teroris (eks napiter) maupun simpatisannya yang terpapar paham radikal.

“Kemudian kita juga kami melalukan deradikalisasi, sehingga terbebas dari ideologi yang menyimpang,” jelas Sigit.

“Terdapat 4.892 napiter dan keluarganya yang berhasil dilakukan deradikalisasi, yang di mana 256 orang di antaranya saat ini berstatus hijau dan bersedia melepas baiat untuk setia kepada NKRI,” tambahnya. (dan)

Exit mobile version