Potensi Gesekan, Polisi Larang Masyarakat Konvoi di Malam Tahun Baru

Kembang-Api

Ilustrasi kembang api menyambut Tahun Baru. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengimbau masyarakat tak melakukan iring-iringan saat pergantian tahun baru 2024 atau pada, Minggu (31/12/2023) malam. Sebab, berpotensi menciptakan gangguan ketertiban umum.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengingatkan semua pihak secara bersama-sama menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) saat malam Tahun Baru 2024. Apalagi Pemprov DKI bakal menggelae Car Free Night di Jalan Sudirman-Thamrin.

“Tidak untuk dilakukan konvoi atau arak-arakan ya, karena dapat mengganggu kepentingan orang yang lainnya,” kata Trunoyudo di Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Ia khawatir pergerakan massa yang bertemu di suatu tempat bisa memancing kericuhan. “Dan juga tentu akan menimbulkan gesekan-gesekan konflik, nantinya ketika ada di satu tempat ketika bertemu,” ujar Trunoyudo.

Masyarakat juga diminta tak melakukan tindakan yang mengarah merusak suasana ketertiban umum. Jajaran Polda Metro Jaya bersama aparat lainnya, dibantu Dishub DKI Jakarta bakal mengamankan momen pergantian tahun baru.

“Maka harapannya saling jaga kondusivitas, tidak konvoi, kemudian tidak arak-arakan dan kemudian juga hindari perbuatan-perbuatan yang memang dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” imbuhnya.

Pemprov DKI Jakarta bakal menyiapkan panggung pertunjukan di kawasan Monumen Nasional atau Monas, Jalan M.H Thamrin, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Selain itu, ada dua panggung yakni di Gemilang Silang Monas dan Jakarnaval. Di Jalan M.H Thamrin akan didirikan tiga panggung, yaitu di Sarinah, Bank Indonesia, dan Bundaran Hotel Indonesia. (dan)

Exit mobile version