Ledakan di Rumah Sakit Semen Padang, 102 Pasien Dipindahkan

Ledakan-RS

Salah satu ruangan hancur akibat ledakan AC central. Foto: Instagram @padangekspres

INDOPOS.CO.ID – Ledakan terjadi di Rumah Sakit Semen Padang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Penyebabnya bukan karena bom, melainkan akibat perbaikan AC. Kejadian itu terjadi pada, Selasa (30/1/2024) sore.

Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono mengatakan, ledakan bersumber dari Lantai 7 rumah sakit. Di sana sedang ada perbaikan AC dan pekerjaan las.

“Akibat dari suatu pengelasan, ada percikan api yang kemudian mengenai bagian dari central AC, yang akhirnya munculah ledakan,” kata Suharyono saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/1/2024).

Ada saluran kabel yang mengarah ke lantai 1, terdapat pendingin ruangan terpusat pada satu titik. Ledakan tak bisa terhindarkan dan menyebabkan kerusakan sarana rumah sakit.

“(Ledakan) central AC, yang mengakibatkan ke AC lain, sehingga muncul ledakan. Sehingga sebagain RS mengalami kaca pecah baik di jendela maupun di pintu,” tutur Suharyono.

Beruntung tak ada pekerja maupun petugas rumah sakit, yang terdampak ledakan tersebut. Hanya saja, sebagian besar pasien harus dievakuasi.

“Alhamdulillah, tidak ada korban dari ledakan ini,” ujar Suharyono.

“Seluruh pasien rawat inap tidak kurang dari 102 pasien saat ini sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan,” tambahnya. (dan)

Exit mobile version