Fakta-Fakta Ledakan di Rumah Sakit Semen Padang

Fakta-Fakta Ledakan di Rumah Sakit Semen Padang - garis polisi - www.indopos.co.id

Ilustrasi garis polisi. (Dok Humas Polri)

INDOPOS.CO.ID – Ledakan terjadi di Rumah Sakit Semen Padang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat pada, Selasa (30/1/2024) sore. Penyebabnya bukan karena bom, melainkan akibat perbaikan AC. Berikut sejumlah fakta dari kejadian tersebut.

Pertama, ledakan bersumber dari Lantai 7 rumah sakit yang sedang ada perbaikan AC dan pekerjaan las. Diduga ada kelalaian dari pekerja tersebut, sehingga menimbulkan percikan api.

“Akibat dari suatu pengelasan, ada percikan api yang kemudian mengenai bagian dari central AC, yang akhirnya munculah ledakan,” kata Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Suharyono saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (31/1/2024).

Fakta kedua, sebagian sarana rumah sakit rusak akibat ledakan tersebut. Diketahui ada saluran kabel mengarah pendingin ruangan terpusat pada satu titik di lantai 1. Alhasil ledakan tidak dapat terhindari.

Ilustrasi kebakaran. Foto: Freepik

“(Ledakan) central AC, yang mengakibatkan ke AC lain, sehingga muncul ledakan. Sehingga sebagian RS mengalami kaca pecah baik di jendela maupun di pintu,” ucap Suharyono.

Fakta ketiga, tidak ada korban jiwa. Para pekerja maupun petugas rumah sakit, yang terdampak ledakan tersebut. “Alhamdulillah, tidak ada korban dari ledakan ini,” beber Suharyono.

Fakta keempat, sebagian besar pasien harus dievakuasi. Upaya tersebut dilakukan karena untuk menindaklanjuti perawatan pasien.

“Karena dari 102 pasien tidak bisa dilayani optimal, mengingat AC mati dan listrik juga dipadamkan. Sehingga untuk lanjut perawatan pasien dirujuk ke rumah sakit sekitar Kota Padang,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version