Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Sudah Hampir Rampung, Sisa 5 Provinsi

Hasyim-Asy'ari

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy'ari saat memimpin rapat rekapitulasi hasil suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, belum lama ini. Foto: YouTube KPU RI

INDOPOS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal melakukan, rapat rekapitulasi lanjutan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk lima provinsi dan Petugas Pemilu Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur pada, Senin (18/3/2024).

KPU telah merampungkan penghitungan suara nasional Pemilu 2024 dari sejumlah provinsi di Tanah Air. Terbaru hanya melaksanakan rekapitulasi nasional di wilayah Papua Tengah.

“Selanjutnya masih ada Papua Induk, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya untuk di Papua. Kemudian, masih ada Maluku dan Jawa Barat,” ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam YouTube KPU RI dilihat, Senin (18/3/2024).

Termasuk rekapitulasi hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kuala Lumpur, yang masih harus dibahas dalam rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional. Meski tak disebutkan waktu pelaksanaanya.

“Juga masih ada satu lagi rekapitulasi PSU Kuala Lumpur, yang akan akan kita rangkum dengan semua suara PPLN 128 PPLN,” ujar Hasyim. Diketahuo jadwal pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu pada 20 Maret 2024.

“Kemudian kita tambahkan atau kita jumlahkan dengan perolehan suara di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan sebagai daerah pemilihan DKI Jakarta II,” tambahnya.

Ia menyatakan, pelaksanaan penghitungan yang tersisa lima provinsi tersebut bakal dimulai pukul 10.00 WIB. Namun, belum diketahui provinsi mana yang akan lebih dulu menggelar rapat rekapitulasi tingkat nasional.

“Nanti akan diinfokan dari tim kesekjenan (KPU). Sambil menunggu teman-teman provinsi mana yang sudah tiba duluan dan siap untuk kita ikutkan dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional,” imbuh Hasyim.

Sejauh ini, KPU telah mengesahkan perolehan suara Pilpres pada 33 provinsi di tingkat nasional. Di antaranya, DKI Jakarta, dan Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah.

Selain itu, Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Riau, Papua Barat, dan Sulawesi Utara. Kalimantan Selatan, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara.

Termasuk Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Papua Selatan, Jambi, Maluku Utara, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua Tengah.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul sementara dengan jumlah 76.888.902 suara di 33 provinsi. Sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 31.118.204 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 23.461.344 suara. (dan)

Exit mobile version