Demo Jelang Pengumuman Pemenang Pilpres, 3.055 Personel Aparat Jaga KPU dan DPR

Demo Jelang Pengumuman Pemenang Pilpres, 3.055 Personel Aparat Jaga KPU dan DPR - polisi - www.indopos.co.id

Ribuan personel aparat gabungan dikerahkan mengamankan, demosntrasi di DPR dan KPU menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024. (Dok. Polres Metro Jakarta Pusat)

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Indonesia (Polri) kembali melakukan pengamanan terhadap demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR dan KPU RI pada, Rabu (20/3/2024). Ribuan personel aparat gabungan dikerahkan dan bersiaga di dua titik tersebut.

Demonstrasi hari ini bertepatan dengan pengumuman hasil Pemilu 2024. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, penetapan hasil Pemilu paling lambat 35 hari setelah pencoblosan.

“Pengamanan aksi hari ini di KPU RI dan DPR RI, kami melibatkan 1.910 Personel di KPU RI dan 1.145 personel di DPR/MPR,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Ia mengimbau, para peserta aksi tetap memperhatikan hak – hak masyarakat lain. Meski penyampaian pendapat hak setiap warga negara dan telah diatur dalam perundang-undangan.

“Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya. Sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi,” ucap Susatyo Purnomo.

Aksi Massa dari Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GKGR) di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (19/3/2024). Foto: dili/indopos.co.id

Selain itu, seluruh personel yang terlibat pengamanan selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi. “(Bertindak) pelayanan serta humanis,” tuturnya.

Gelombang demonstrasi makin meningkat, mendekati pengumuman hasil Pemilu 2024. Sejumlah elemen masyarakat turun ke jalan menyuarakan aspirasinya dan menolak kecurangan dalam pesta demokrasi 5 tahunan. (dan)

Exit mobile version