Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Susah Payah Taklukan Vietnam 1-0

eggy

Pemain timnas Indonesia Egy Maulana Vikri. (Dok PSSI)

INDOPOS.CO.ID – Timnas Indonesia harus bersusah payah kalahkan timnas Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skor akhir 1-0 untuk kemenangan skuad Garuda. Duel tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Bermain di kandang sendiri, Indonesia telat panas. Babak pertama minim peluang dan tidak bisa melakukan kreasi serangan. Stamina pemain Indonesia terlihat kalah dari pemain Vietnam.

Alih-alih membangun serangan, justru kewalahan menahan gempuran pemain Vietnam. Pemain naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes menjalani debutnya dalam laga tersebut.

Harus menunggu hampir setengah jam menunggu pasukan Shin Tae-yong menciptakan peluang. Itu terjadi melalui tendangan Rafael William Struick pada menit ke-29 dari sisi kanan kiper Vietnam, Filip Nguyen.

Skor kacamata bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua pelatih Shin Tae-yong memasukkan sejumlah pemain untuk menambah daya gedor. Hal tersebut menjadi awal kemenangan timnas Indonesia.

Pemain yang baru masuk di antaranya Egy Maulana Vikri, Sandy Walsh, dan Pratama Arhan untuk menggantikan Nathan, Yakob Sayuri, dan penyerang muda Hokky Caraka.

Pemain Indonesia menjadi jauh berkembang. Aliran bola dari kaki pemain sulit dibaca pemain lawan. Peluang emas terjadi pada menit ke-51, ketika lemparan bola dari Pratama Arhan.

Bola tersebut melambung mengarah ke tengah gawang Vietnam. Pemain belakang lawan berupaya menahan bola tersebut, namun malah memantul ke depan Egy. Dia langsung mensontek bola tersebut.

Egy mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-52. Tensi permainan makin panas. Kedua tim saling jual beli serangan. Daya juang semangat Indonesia cukup tinggi.

Mereka terus menusuk pertahanan lawan hingga akhir laga. Egy sempat kembali mendapat peluang menciptakan gol pada menit ke-90 melalui tendangan kaki kanannya.

Skor tetap 1-0 hingga peluit babak tanda berakhirnya pertandingan. Hasil laga tersebut membuat Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup F dengan raihan empat poin. Sementara Vietnam berada ketiga dengan mendapaf tiga poin. (dan)

Exit mobile version