Indonesia Libas Vietnam 3-0, Kutukan 20 Tahun di Stadion My Dinh Terpecahkan

timnas indonesia

Pemain timnas Indonesia Marselino Ferdinan mengontrol bola untuk menghalau pemain Vietnam pada pertandingan lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua di Stadion My Dinh, Hanoi. (Dok PSSI)

INDOPOS.CO.ID – Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur, timnas Indonesia melumat timnas Vietnam dengan skor 3-0 pada pertandingan lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). Daya juang Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan patut diapresiasi.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain tentu patut mendapatkan apresiasi,” kata Erick dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Menurutnya, kemenangan tersebut bukan sekadar tiga poin semata. Namun, lebih dari itu lantaran timnas Indonesia sudah hampir 20 tahun tidak mampu meraih poin penuh saat bertandang ke Vietnam.

Kala itu, Indonesia menang 3-0 berkat gol-gol dari Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma. Setelah itu, mereka 2 kali kalah dan 4 kali imbang.

Ilustrasi.

“Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signfikan,” ujar Erick.

Pasukan Shin Tae-yong tampil spartan saat melalui gol dari dari Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen di menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di pengujung laga pada menit 90+7.

Indonesia mendapat tujuh poin dan berada di posisi kedua hasil dua kali menang, sekali seri dan sekali kalah. Posisi pertama ditempati Irak yang membantai Filipina 5-0 di Manila. Irak mengoleksi 12 poin. Sedangkan Filipina dengan 1 poin berada di posisi buncit.

Indonesia tinggal memainkan dua laga melawan Irak dan Filipina pada tanggal 6 dan 11 Maret mendatang. Dua laga itu semua akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.(dan)

Exit mobile version