Polisi Imbau Pemudik Tak Pakai Motor jika Jarak Tempuh Perjalanan 100 Km

pemudik

Pemudik memilih menggunakan sepeda motor. (Dok. Kementerian Perhubungan)

INDOPOS.CO.ID – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengimbau, masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran Idulfitri 2024 dengan jarak tempuh cukup jauh tidak menggunakan sepeda motor, karena membahayakan keselamatan pemudik.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyatakan, pihaknya telah melakukan operasi keselamatan, serta mensosialisasikan menyambut musim mudik Lebaran. Hal tersebut dikhususkan untuk para pengguna sepeda motor.

“Ketentuan yang pertama jelas, kita mengharapkan betul mudik jarak jauh untuk tidak menggunakan sepeda motor,” kata Latif Usman di Jakarta dikutip, Sabtu (30/3/2024).

Masyarakat harus mengutamakan keselamatan ketika memilih mudik menggunakan sepeda motor. Namun, lebih aman naik angkutan umum yang telah disediakan pemerintah.

Ilustrasi. Foto: Ist

“Manfaatkan angkutan-angkutan umum untuk yang khususnya jaraknya memang melebihi daripada 50 km, 80 km, apalagi 100 km ke atas harus menggunakan kendaraan umum,” ucap Latif Usman.

Ia mengingat, pemudik yang terpaksa memakai kendaraan roda dua memperhatikan beban atau barang yang hendak dibawa menuju kampung halaman.

“Pertama, adalah membawa beban tidak melebihi batas, terus khususnya kendaraan tidak boleh boncengan lebih dari tiga (orang),” pesannya.

“Nah, upaya-upaya ini (operask keselamatan) terus kita sosialisasikan. Sehingga mereka betul-betul tertib untuk melakukan kegiatan mudik ini,” tambah Latif Usman.

Pergerakan pemudik pada Lebaran 2024 diperkirakan 193,6 juta orang. Berdasarkan penghitungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan peningkatan jumlah pemudik tahun ini terjadi pada 5-6 April 2024. (dan)

Exit mobile version