Sejumlah Tips Berkendara Aman saat Mudik Lebaran, Penting Diketahui!

Sejumlah Tips Berkendara Aman saat Mudik Lebaran, Penting Diketahui! - tol cikampek 1 - www.indopos.co.id

Sejumlah kendaraan melewati Gerbang Tol Cikampek Utama saat musim mudik Lebaran 2024. (Dok Jasa Marga)

INDOPOS.CO.ID – Pengamat transportasi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Djoko Setijowarno membagikan, sejumlah tips berkendara yang aman selama musim mudik Lebaran 2024 dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Salah satunya, mampu mengatur waktu beristirahat.

“Pertama, istirahat yang cukup. Kedua, hindari makanan yang bisa menyebabkan kantuk. Ketiga, patuhi batas kecepatan kendaraan,” kata Djoko dalam keterangannya, Jakarta, Senin (8/4/2024).

Keempat, mampu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Serta mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

“Kelima, perbanyak istirahat jika kehilangan kosentrasi. Keenam, perhatikan tekanan angin pada ban kendaraan,” ucap Djoko.

Ketujuh, sabar dan peduli aturan lalu lintas. Kedelapan, pahami rute perjalanan sebelum berkendara. Kesembilan, cermat gunakan aplikasi navigasi untuk hindari jalur alternatif berbahaya.

Paling penting beban barang bawaan tidak berlebih. Sehingga mampu menjaga keselamatan berkendara. “Ke-10, hindari membawa penumpang dan barang berlebihan,” imbuhnya.

Survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan mencatat, potensi pergerakan nasional pada Lebaran 2024 mencapai 71,7 persen dari penduduk Indonesia atau 193,6 juta.

Angka tersebut naik sekitar 56 persen dari angka potensi pergerakan di Lebaran tahun lalu. Pada tahun 2023, potensi warga yang mudik masih 123,8 juta dan tahun 2022 masih di angka 85,5 juta. (dan)

Exit mobile version