Viralnya Prilly Latuconsina Gunakan Gas 3Kg, DPR Minta Pemerintah Terapkan Sistem Distribusi Tertutup

prilly

Cuplikan Prilly Latuconsina saat Gunakan Tabung Gas 3Kg. (ist)

INDOPOS.CO.ID – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyesalkan beredarnya kabar artis Prilly Latuconsina kedapatan memasak menggunakan gas LPG 3 kg bersubsidi. Menurutnya peristiwa itu menandakan sistem pengawasan dan distribusi LPG gas melon masih berantakan, sehingga siapapun bisa mendapatkannya, termasuk kalangan artis yang berpenghasilan tinggi.

“Saya minta Pemerintah segera mempercepat registrasi pengguna gas melon 3 kg agar kita memiliki data yang akurat untuk membangun sistem distribusi tertutup,” kata Mulyanto dalam ketegangan pers yang diterima Indopos.co.id, Sabtu (14/4/2024)

“Data ini penting sebagai basis evaluasi untuk menyusun kriteria sistem distribusi LPG secara tertutup dan menetapkan mereka yang berhak menggunakan gas melon 3 kg bersubsidi,” sambungnya.

Mulyanto menjelaskan sebenarnya DPR sudah lama meminta Pemerintah menyusun data masyarakat yang dinilai layak menggunakan gas LPG bersubsidi. Tapi hingga kini data tersebut belum tersedia. Padahal data itu sangat penting untuk mengukur besaran konsumsi LPG bersubsidi bagi masyarakat tidak mampu secara akurat.

Ilustrasi gas elpiji. Foto: dokumen INDOPOS.CO.ID

Hal ini penting, agar nilai subsidi LPG dapat dikontrol dan distribusinya tepat sasaran. Bukan seperti sekarang dimana siapapun bebas membeli gas melon 3 kg bersubsidi.

“Gas LPG 3 kg itu untuk masyarakat miskin dan usaha mikro yang tidak mampu. Jangan sampai mereka yang mampu, apalagi artis, bebas membeli gas melon bersubsidi. Ini kan pemborosan uang negara. Apalagi gas melon ini diadakan secara impor yang menguras devisa negara” kata Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini.

Mulyanto menjelaskan sistem distribusi terbuka gas melon seperti sekarang ini menuntut pengawasan yang ketat. Karena barang bersubsidi adalah barang dalam pengawasan, tetapi karena praktiknya pengawasan Pemerintah sangat lemah, maka penyimpangan distribusi gas melon 3 kg jadi masalah serius.

“Karena itu saya mendesak Pemerintah agar sistem distribusi tertutup gas melon 3 kg bersubsidi untuk segera direalisasikan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Prilly Latuconsina kena kritik netizen karena ketahuan memakai gas elpiji 3 kg di rumah mewahnya.

Kritikan kepada Prilly Latuconsina bermula dari unggahan sang artis menjelang Lebaran kemarin. Yang mana bintang film “Danur” tersebut tampak sedang masak-masak besar berbagai menu Lebaran.

Alih-alih fokus membahas kepiawaian Prilly Latuconsina dalam memasak, netizen justru salah fokus dengan penampakan gas elpiji 3 kg. Tabung gas tersebut berada di dekat tembok dapur Prilly Latuconsina.

Netizen ramai melayangkan kritik kepada Prilly Latuconsina karena hal tersebut. Pasalnya, gas elpiji 3 kg merupakan bahan bakar bersubsidi yang bisa digunakan oleh kelompok masyarakat tertentu.

Setelah tahu bahwa penampakan tabung gas elpiji 3 kg di rumahnya membuat gaduh, Prilly Latuconsina langsung membuat klarifikasi. Ia mengaku tidak sadar dan menjelaskan bagaimana gas subsidi tersebut bisa sampai ada di rumahnya.

“Jujur aku gak sadar awalnya sampai diingatkan oleh kalian semua. Kemarin langsung nanya sama orang rumah dan ternyata tabung gas itu sebenarnya dipijamkan sama tukang gas langganan aku karena stok gas yang biasa mbak beli habis,” tulis Prilly Latuconsina, dikutip pada Jumat (12/4/2024).

“Tidak ada niatan menyembunyikan atau apapun karena itu memang berada di belakang tas belanja. Akupun gak ngeuh. Next time kalau gas yang biasa aku pakai habis, lalu ingin dipinjamkan, aku sudah bilang mbak lebih baik bersabar saja menunggu gas yang biasa kita pakai,” imbuhnya. (dil)

Exit mobile version