Prof Kumba Resmi Undur Diri dari Dekan FEB Unas Pasca Dugaan Kasus Plagiat

kumba

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Profesor Kumba Digdowiseiso. Foto: Dok Unas/Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Profesor Kumba Digdowiseiso secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional (Unas) Jakarta.

Pernyataan tersebut diberikan secara tulisan kepada media pada Kamis (18/4/2024). Tindakan pengunduran diri ini diambil sebagai wujud pertanggungjawaban akademis buntut dari dugaan terlibat kasus plagiat.

“Pengunduran diri ini saya lakukan sebagai ekspresi tanggung jawab akademis saya kepada Rektor Unas dan seluruh anggota akademik, dengan harapan tidak menambah beban kampus dalam menyelidiki permasalahan yang sedang saya hadapi,” katanya dalam keterangan, Jumat (18/4/2024).

Seperti yang telah diketahui, Kumba dituduh mencantumkan nama orang lain dalam publikasi ilmiah, sebagaimana yang dilaporkan oleh media retractionwatch.com pada 11 April 2024.

Kumba menjelaskan bahwa tuduhan tersebut tidaklah benar dan tidak didasarkan pada fakta yang kuat. Bahkan, ia merasa bahwa tuduhan tersebut merupakan upaya untuk merusak reputasinya dan bersifat pencemaran karakter.

“Saya sangat menghargai integritas akademis, dan saya siap untuk mengikuti proses yang berkaitan dengan tuduhan, dugaan, dan fitnah yang saya hadapi sesuai dengan prosedur yang diatur dalam Undang-Undang dan ketentuan yang berlaku,” ujar Kumba.

Kumba berharap agar semua pihak menunjukkan sikap yang obyektif dan rasional dalam menangani persoalan ini.

“Perlu ditegaskan bahwa dalam tujuh hari sejak permasalahan ini menjadi perbincangan publik, saya telah sepenuhnya menghormati proses investigasi internal yang sedang berjalan, meskipun saya menyadari bahwa setiap hari yang berlalu akan berpotensi merugikan reputasi saya di media,” tandasnya. (fer)

Exit mobile version