Senin, 25 Juni 2018 12:43 WIB
bjb idul fitri

Hukum

Wali Kota Kendari Instruksikan Sembunyikan Uang Rp 2,8 Miliar

Redaktur: Ali Rahman

Barang bukti uang tunai Rp 2,8 miliar hasil OTT Kendari baru ditemukan KPK pada Rabu (7/3) lalu dan dibawa ke Jakarta dan diekspos Jumat (9/3). Foto: Eka G Putra/Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Sulitnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melacak keberadaan barang bukti uang tunai senilai Rp 2,8 miliar dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kendari, Sulawesi Tenggara. Ternyata atas instruksi Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra agar uang disembunyikan. 
 
Berdasarkan data yang dirangkum INDOPOS, Jumat (9/3) malam atas ekspos Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dikantornya. Barang bukti sengaja disembunyikan tersangka setelah ditarik dari Bank Mega senilai Rp 1,5 Miliar pada 26 Februari oleh staf PT BSN.
 
Kemudian uang dibawa ke Dirut PT BSN Hasmin Hamzah (tersangka pemberi). Ia menambahkan Rp 1,3 miliar lagi sehingga genap Rp 2,8 miliar atas kebutuhan yang diminta Wako sebagai modal kampanye sang ayah yang maju sebagai Cagub Sultra Asrun (tersangka penerima).
 
"Senin (26/2) malam langsung diserahkan ke W untuk dibawa kesebuah lapangan di Kota Kendari sebagai tempat yang disepakati HAS dan ADR. Jadi uangnya sudah banyak berpindah-pindah, ini yang menyebabkan tim kita baru menemukan Rabu (7/3) kemarin," ungkap Basaria.
 
Di lapangan tersebut, W memindahkan kardus uang dari mobilnya ke mobil perantara lain berinisial K. Kejadian sekitar pukul 23:00 WITA dengan lampu mobil dimatikan bak transaksi Narkoba. Kemudian perantara K membawa uang tersebut ke rumah I yang merupakan orang dekat Wako Kendari ADR.
 
I yang tengah berada di Jakarta saat itu menghubungi S yang sedang dirumah (Kendari) untuk memerima uang tersebut. Kemudian K dan S mengganti kardus uang dan memasukkan ke dalam kamar I.
 
"Atas perintah ADR, uang tetap tersimpan hingga tim kami menemukannya Rabu siang sekitar pukul 11:00 WITA. Ini sepenuhnya atas kerja keras bersama dengan masyatakat dan pihak Mapolda Sultra," jelas Basaria. (egp)

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan


TOPIK BERITA TERKAIT: #ott-wali-kota-kendari #ott-cagub-sultra 

Berita Terkait

IKLAN