X CLOSE Laporan Kinerja DKPP
Rabu, 19 Desember 2018 04:58 WIB

Nasional

Palestina Terpukul Delegasi Indonesia Bicara di Forum Israel

Redaktur: Redjo Prahananda

Sekjen PBNU, Yahya Staquf Cholil mengunjungi Israel

INDOPOS.CO.ID - Palestina melalui Kementerian Luar Negeri mengutuk kunjungan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Yahya Staquf Cholil ke Israel. Palestina merasa terpukul dengan kunjungan tersebut.

Yahya datang ke Israel memenuhi undangan konferensi hubungan Yahudi-Amerika di Yerusalem, di Palestina. Padahal, Yahya berstatus sebagai Sekretaris Jenderal PBNU.

"Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina mengutuk partisipasi delegasi ulama Indonesia dari organisasi Nahdlatul Ulama diwakili oleh Mr. Yahya Staquf, Sekjen PBNU di AJC Global Forum di Yerusalem pada 10-13 Juni 2018," bunyi keterangan resmi Kemlu Palestina, Rabu, (13/6).

Masih dalam keterangan resmi, partisipasi dalam acara seperti itu menjadi pukulan bagi Palestina dan Yerusalem, serta RI sebagai negara Islam terbesar di dunia sebagi penyelenggara KTT OKI Luar Biasa ke-5 tentang Palestina dan Al-Quds Al-Sharif pada 2016 dan Konferensi Internasional tentang masalah Yerusalem pada 2015. "Indonesia selalu membela Yerusalem dan isu-isu Palestina," kata Kementerian Luar Negeri Palestina.

Kehadiran Yahya di acara Israel berlawanan dengan posisi pemerintah Indonesia terhadap konflik Israel-Palestina. "Kami menganggap peristiwa ini sebagai bagian dari kampanye menyesatkan berkedok wajah beradab dengan menyerukan perdamaian, konvergensi dan dialog antaragama pada saat Israel telah bertahan selama beberapa dekade dengan pelanggaran dan kejahatan terhadap rakyat Palestina, Muslim, dan Kristen serta kesucian di Yerusalem," sebut Kemlu Palestina.

Yahya berbicara di Israel pada Minggu (10/6) waktu setempat. Dia menjadi pembicara dalam diskusi dengan moderator Direktur Forum Global AJC Rabi David Rosen. Sekitar  2.400 orang hadir di acara ini dalam acara digagas organisasi Yahudi-Amerika. Dia juga telah menegaskan alasan, datang ke Israel.

"Saya berdiri di sini untuk Palestina. Saya berdiri di sini atas dasar bahwa kita semua harus menghormati kedaulatan Palestina sebagai negara merdeka," kata Yahya setelah menjadi pembicara dalam forum yang diprakarsai American Jewish Committee (AJC) di Israel itu sebagaimana dilansir NU Online, Senin (11/6).

(rej)


TOPIK BERITA TERKAIT: #anggota-watimpres-ke-israel #yahya-staquf #palestina #israel 

Berita Terkait

Australia Didesak Akui Palestina

Internasional

Enam Warga Israel Ditembaki di Halte Bus

Internasional

Keluarga Palestina Dipaksa Bongkar Rumah Mereka

Internasional

Keluarga Palestina Dipaksa Bongkar Rumah Mereka

Internasional

Puluhan Koin Emas Kuno Ditemukan di Israel

Internasional

Presiden Iran: Israel Adalah Tumor Kanker

Internasional

IKLAN