X CLOSE Laporan Kinerja DKPP
Rabu, 19 Desember 2018 12:48 WIB

Nasional

Pulau Kangean, Surga Tersembunyi di Madura

Redaktur:

Pulau Kangean

INDOPOS.CO.ID – Selama ini destinasi wisata Madura tidak banyak terekspose. Padahal, pulau yang masuk dalam wilayah Jawa Timur itu menyimpan segudang keindahan alam yang sangat eksotis. Salah satunya adalah Pulau Kangean.

Secara geografis, lokasi Pulau Kangean sebenarnya tidak terlalu jauh dari Bali. Namun, secara administratif Kangean masuk ke Sumenep, Madura.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, belum banyak masyarakat yang mengenal Pulau Kangean.

“Karena belum banyak yang tau, keasrian Pulau Kangean masih terjaga. Alamnya masih sangat bagus. Sangat layak menjadi destinasi baru untuk dikunjungi,” terang Pitana, Sabtu (23/6).

Pulau Kangean sangat ideal menjadi destinasi baru. Udaranya dipenuhi dengan oksigen yang sangat segar. Tidak hanya itu, lokasinya tenang dan indah. Siapa pun yang datang dijamin akan mendapatkan kesan berbeda.

“Pulau Kangean sangat tepat untuk melepaskan penat. Dengan kondisinya saat ini, privasi kita akan terjaga. Karena belum banyak pengunjung. Pilihan yang sangat tepat untuk mendapatkan ketenangan,” ujar Pitana.

Salah satu keunggulan Pulau Kangean adalah pesona bawah lautnya. Lokasinya bisa menjadi pilihan baru untuk diving. Keindahan bawah laut Kangean tidak kalah dengan spot lain yang banyak tersebar di Indonesia.

“Selain wisata bawah lautnya, gugusan pulau di sekitar Kangean juga siap untuk dieksplorasi,” terang Pitana.

Menurut Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni, Pulau Kangean merupakan gugusan pulau yang berjumlah hingga 60 pulau kecil.

“Pulau Kangean sendiri merupakan salah satu yang terbesar di gugusan itu. Pulau besar lainnya adalah Paliat juga Sepanjang,” ujar Sumarni.

Menurutnya, dari deretan pulau tersebut, kita bisa menikmati keindahan pantai pasir putih. “Yang pasti Pulau Kangean sangat terjaga dan kealamiannya. Juga begitu tenang,” paparnya.

Sedangkan Kepala Bidang Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan menambahkan, Kangean memiliki culture yang sangat menarik.

“Kalau kita berkunjung ketika sedang diadakan sebuah perayaan, kita bisa menemukan tarian serta adat istiadat yang sangat unik dan khas,” terang Wawan.

Selain kekayaan culture dan nature, Kangean juga mempunyai makanan khas. Seperti pes-pes, kue lanon, keripik tekai, gurubik/burubik, kamboya, sangngar-sangngar dan masih banyak lagi.

Pulau Kangean bisa ditempuh melalui Surabaya. Dari ibukota Jawa Timur ini, perjalanan harus dilanjutkan ke Sumenep. Lama perjalanannya sekitar 5 jam. Dari Sumenep, perjalanan dilanjutkan menuju terminal atau pelabuhan Kalianget. Ada dua pilihan yang bisa anda gunakan, yakni dengan menggunakan Ferri atau kapal cepat Bahari.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menilai Pulau Kangean mempertegas kekayaan bahari Indonesia.

“Indonesia sangat kaya akan wisata bahari. Banyak yang belum terekspose seperti Pulau Kangean. Jika dikelola dengan baik dan mendapatkan promosi yang gencar, pulau ini bisa menjadi destinasi pilihan baru,” katanya.(ags/lis)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pariwisata 

Berita Terkait

Giatkan Pariwisata, Singkawang Expo 2018 Dibuka

Nusantara

Bertabur Seleb Promosi Batik

Jakarta Raya

IKLAN