Sabtu, 15 Desember 2018 07:57 WIB

Indobisnis

Mahkota Siapkan Sejumlah Ekspansi

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Manajemen PT Mahkota Group (MGRO) telah menyiapkan sejumlah ekspansi. Membangun pabrik refinery (pembuat minyak makanan), kernel crushing, memperkuat bahan baku, dan menyetok crude pail oil (CPO). Dana investasi sejumlah aksi tersebut berasal dari hasil initial public offering (IPO), dana internal, dan pinjaman perbankan. 

Perusahaan sukses meraup dana IPO Rp 158,32 miliar. Berdasar skenario, dana itu sebanyak 60 persen untuk pembangunan pabrik refinery dan kernel crushing plant. Lalu 40 persen untuk modal kerja. "Ya, seperti pembelian bahan baku dan menyetok CPO," tutur Direktur Utama MGRO, Usli Sarsi di Jakarta, Kamis (12/7).

Dengan ekspansi itu, perseroan tidak perlu langsung menjual saat harga tidak bagus, terutama ketika puncak produksi CPO. Guna mewujudkan impian itu, perusahaan setidaknya butuh dana segar sekitar Rp 330 miliar untuk pembangunan pabrik refinery atau pembuat minyak makan. "Sumber dana kombinasi dari pinjaman perbankan, kas internal, dan dana hasil IPO," imbuh Usli.

Mahkota Group menargetkan pabrik ini beroperasi tahun depan. Pabrik berlokasi di Desa Bathin Sobanga, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Saat ini, Mahkota memiliki enam pabrik, dan satu penimbunan terletak di Sumatra Utara (Sumut) dan Riau. Satu pabrik dapat memproduksi hingga 1.500 ton per hari. 

"Kami harap produksi terus meningkat sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar," kata Usli.

Selain fokus terhadap pembangunan industri hilir, dalam waktu dekat Mahkota juga memersiapkan rencana ekspor ke luar negeri. Sejauh ini penjualan masih di pasar domestik. Dan, tahun ini, perusahaan mematok pendapatan Rp 2 triliun dan laba bersih Rp 50 miliar. (far)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pt-mahkota-group #usli-usri #crude-pail-oil-cpo #initial-public-offering 

Berita Terkait

IKLAN