Senin, 20 Agustus 2018 02:34 WIB
pmk

Indobisnis

Technoplast Suplai Kebutuhan Produk Rumah Tangga Luar Negeri

Redaktur:

GO GLOBAL-Technoplast mengajak awak media untuk melihat langsung pabriknya di Cikupa, Tangerang. DEWI MARYANI/INDONESIA

INDOPOS.CO.ID - Technoplast sukses mencatat pertumbuhan 4 persen. Sukses tersebut tidak lepas dari tingginya permintaan kebutuhan pasar domestik dan mancanegara. Itu mengukuhkan Technoplast sebagai perusahaan manufaktur domestik memproduksi peralatan rumah tangga berbasis plasticware.

Berdasar Badan Pusat Statistik (BPS) industri manufaktur besar dan sedang mencatat pertumbuhan 4,36 persen kuartal tiga 2018 secara tahunan. Pertumbuhan tinggi itu juga disumbang industri karet, barang dari karet dan plastic tumbuh 17,28 persen dan industri minuman tumbuh 15,41 persen.

Persentase ekspor non-migas hasil industri pengolahan Indonesia naik 6,85 persen dibanding bulan sama edisi 2017. Data itu didukung temuan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), terdapat sepuluh kelompok hasil industri dengan nilai ekspor terbesar. Di mana, kategori industri karet, barang dari karet dan plastik, menduduki peringkat ke-5 dengan persentase 6,86 persen. ”Pertumbuhan itu berasal dari banyak faktor. Salah satunya, tingginya permintaan seasonal produk. Tentu ini berpengaruh pada peningkatan produksi,” tutur CEO Technoplast Sjamsoe Fadjar Indra, di Cikupa, Tangerang, Rabu (8/8).

Setiap tahun bilang Sjamsoe Technoplast memiliki sejumlah agenda pameran baik dalam dan luar negeri. Ajang pameran tersebut tentu butuh kesiapan pabrik untuk memproduksi dalam jumlah besar.

Sjamsoe menjelaskan pabrik Technoplast dilengkapi total 53 mesin dengan kapasitas produksi sebanyak 8 juta produk per tahun. Sebagai produsen produk personal ware, perusahaan melakukan sistem terintegrasi untuk menjamin kualitas tinggi. Kualitas bagi perusahaan berbagai standarisasi membuat sistem produksi sangat terjaga dan dapat dipertanggung jawabkan. ”Kualitas kami bersandar pada ISO 9001 : 2015, SNI, dan WCA,” tukasnya.

Menyikapi dinamika fluktuasi dalam industri manufaktur, Director of Marketing & Sales Technoplast Ellies Kiswoto mengaku memiliki strategi khusus sudah diimplementasikan di perusahaan. ”Pasar domestik dan mancanegara juga mengalami pasang surut. Kalau salah satu pasar kurang bergairah dengan gencar melakukan pendekatan. Salah satunya melalui pameran,” imbuh Ellies.

Nah, kalau pameran di luar negeri, Technoplas melakukan di negara dengan tingkat loyal customer tinggi. Dan, untuk pasar dalam negeri, menggiatkan promosi dan aktivitas marketing lainnya. Hingga saat ini, Technoplast telah memiliki lebih dari 50 lisensi, salah satunya Disney dan Marvel. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #technoplast 

Berita Terkait

IKLAN