Senin, 22 Oktober 2018 04:04 WIB
pmk

Indobisnis

Solusi Meningkatkan Pendapatan Melalui Loyalty Program

Redaktur: Darul Fatah

KREATIF: Annisa Kinanti, Digital Voucher Manager dari Prezent.

INDOPOS.CO.ID - Dalam mempertahankan pelanggan dan membuat mereka loyal pada sebuah bisnis merupakan kunci ketahanan bisnis dalam jangka panjang. Bukti konkret terletak pada angka riset yang menyatakan bahwa 65 persen dari konsumen mengharapkan bisnis dan produk pilihan mereka berinteraksi secara real time dengan mereka.

Oleh karena itu, tujuh dari sepuluh konsumen bahkan menyatakan bahwa teknologi telah membantu mereka untuk melakukan urusan bisnis dari mana saja. Bahkan, hanya 15 persen dari perusahaan dan bisnis yang menggunakan analitik termaju. Padahal 5 persen saja konsumen bertahan sanggup mempengaruhi keuntungan yang diperoleh hingga 25-95 persen.

Melihat pengaruh yang sangat besar dari konsumen, saat ini semakin banyak perusahan yang sudah memikirikan dan menjalani loyalty program. Loyalty program merupakan sebuah program marketing yang bertujuan untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan menguntungkan bisnis dan cutomer  sehingga keberlangsungan pembeli secara terus menerus. Salah satu program yang dibuat adalah program reward.

Annisa Kinanti sebagai Digital Voucher Manager dari Prezent mengatakan, jika ada beberapa cara untuk menjalankan program customer loyalty reward. Pertama, pelanggan bisa mendapatkan sejuamlah poin ketika melakukan transaksi pembeli  pada jumlah tertentu.

"Setiap melakukan transaksi, konsumen akan diberi poin yang harus dikumpulkan hingga mencapai target tertentu agar mendapatkan hadiah atau reward menarik," ucap Annisa, Selasa (9/10/2018), di Jakarta.

Kedua, ada beberapa cara pelanggan untuk menukar poin pada platform yang mereka miliki, "Fitur ada pada aplikasi dan website yang bisa digunakan unutk menukar poin ke berbagai macam hadiah yang sudah disediakan," tambah dia.

Annisa menambahkan, jika ada tiga jenis hadiah yang paling diminati oleh pelanggan, yaitu diskon, cashback, dan barang gratis. Ketiga, agar program ini diketahui dan diminati customer, perusahan sebagaiknya mempromosikan program melalui Sosial Media dan Email Marketing.

Dengan tren customer loyalty program saat ini, Prezent meruli reward sistem yang sangat dibutuhkan oleh bisnis dan customer. Sistem yang dimiliki oleh Prezent secara otomatis akan memberikan informasi yang relevan kepada bisnis mengenai konsumennya.

"Kami sangat percaya ketika bisnis menyediakan hadiah yang tepat dan diminati oleh customernya, maka customer akan semakin nyaman dan loyal sehingga dampaknya dapat meningkatkan revenue untuk bisnis tersebut," tutur Annisa. (zbs)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bisnis #loyalty-program 

Berita Terkait

Oktober, BFI Finance Sediakan Paket Pembiayaan Mesin

Indobisnis

Ada Persaingan Konten Digital Bisnis dengan Politik

Indobisnis

Perusahaan Swiss Tanam Modal Ratusan Juta Dollar

Ekonomi

Peugeot dan Citroen Keluar dari Iran

Internasional

Rupiah Melemah, Waralaba Coba Go Internasional

Ekonomi

IKLAN