Rabu, 14 November 2018 05:24 WIB
pmk

Nasional

Industri Pangan Berbahan Dasar Lokal Digalakkan

Redaktur: Darul Fatah

PROGRAM KERJA: Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi.

INDOPOS.CO.ID – Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan, telah menjalin kerja sama dengan Balitbangtan untuk terus mengembangkan bahan pangan lokal. Yakni dengan melaksanakan program melokalkan bahan baku industri pangan.

“Industri pangan kita menyumbangkan perekonomian hingga 6,13 persen. Bahan baku industri ini akan kita lokalkan,” ujar Agung Hendriadi di Bogor, Rabu (7/11/2018).

Apalagi, menurut Agung, Indonesia kaya dengan bahan pangan lokal. Seperti sagu, jagung, pisang dan bahan pangan lokal lainnya. Tahun 2019, sedikitnya bisa dibangun 10 industri berbahan baku lokal. “Kita ingin industri berbahan baku lokal ini memiliki input pada ketahanan pangan kita,” terang dia. 

Industri berbahan baku lokal tersebut, tambah Agung, disesuaikan dengan bahan pangan lokal. Dia mencontohkan, untuk wilayah NTT yang kaya jagung, bisa dibangun industri pangan berbahan baku jagung. “Untuk anggaran tidak semua dari pemerintah, tapi kita gandengn Kadin,” kata dia.

Ia yakin dengan 10 persen kebutuhan terigu atau 1 juta ton digantikan dari bahan pangan lokal, bisa menyumbang devisa dalam jumlah besar. Secara bertahap, jumlah tersebut harus ditingkatkan. “Nanti kita buat regulasi setiap industri wajib menggunakan 10 persen bahan pangan lokal,” ungkap dia. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kementerian-pertanian #ketahanan-pangan #lumbung-pangan 

Berita Terkait

IKLAN