Ekonomi

Donasi Konsumen untuk Kepedulian Sesama

Redaktur: Ali Rahman
Donasi Konsumen untuk Kepedulian Sesama - Ekonomi

INDOPOS.CO.ID - Bantuan sosial dari konsumen yang dihimpun oleh Alfamart melalui donasi konsumen memberikan manfaat bagi masyarakat. Guna membantu sesama yang membutuhkan di berbagai sektor mulai dari sosial kemanusiaan, kesehatan, serta pendidikan.

Program donasi ini telah mendapatkan legalitas izin resmi pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Agama, dan laporan pertanggungjawabnya diberikan secara periodik.

“Sebagai toko komunitas yang tersebar hampir di seluruh  Indonesia, kami mengajak peran aktif pelanggan untuk ikut membantu saudara-saudara kita lain yang membutuhkan bantuan,” ungkap Corporate Affair Director Alfamart Solihin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Donasi konsumen yang digalang seluruhnya disalurkan melalui yayasan sosial yang kredibel. Yayasan yang bekerja sama haruslah memenuhi syarat antara lain memiliki izin resmi, memiliki struktur organisasi yang jelas. Pada tahun 2018, ada tiga Yayasan yang “Total donasi yang berhasil digalang setiap periode, semuanya disalurkan oleh yayasan, dan tahun 2018 ada tiga yayasan,” tambahnya.

Periode Januari hingga Maret 2018, donasi konsumen disalurkan melalui yayasan BMCI, dengan izin dari Kementerian Sosial No SK 285/HUK-UND/2018.

Donasi yang terkumpul sebesar Rp 2.227.051.335 berupa 20.000 paket sembako untuk keluarga prasejahtera, selain itu juga diberikan kepada pengungsi bencana alam.

Sedangkan periode April hingga Juni 2018, donasi Rp 2.262.453.760 disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU).

Izin LAZISNU dikeluarkan oleh Kementerian Agama no SK Kemenag 255/2016. Penyalurannya berupa kegiatan khitan massal yang diselenggarakan di 31 kota/kabupaten dan juga untuk perbaikan sarana prasarana rumah ibadah. (adv)

Berita Terkait


Baca Juga !.